oleh

Guru dan Kepsek Ikuti Bimtek AKM

PRABUMULIH – Meskipun pelaksanaan Assismen Nasional (AN) ditunda hingga bulan Oktober mendatang, namun sampai sekarang para guru dan Kepala Sekolah (Kepsek) mulai mengikuti Bimbingan Tekhnis  (Bimtek), yang dilaksanakan secara online oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Sekolah SMPN 8 Prabumulih, Hj Idawati SPd Msi saat dikonfirmasi koran ini mengatakan bahwa dimasa pandemi, Kepala Sekolah dan para guru dituntut untuk lebih aktif dan kreatif dalam mencari informasi. Sehingga apapun iformasi terbaru tidak boleh ketinggalan.

“Apalagi saat ini semua informasi didapatkan dari Internet, untuk itu para guru tidak boleh terlena dengan suasana nyaman. Kita harus selalu update semua info terbaru jika tidak mau ketinggalan informasi,” jelasnya.

Untuk di SMPN 8, saat ini setidaknya beberapa guru sudah ikut Bimtek untuk menambah bawasan, saat ini Bimtek tersebut sudah sampai pada angkatan ke 5, karna dengan pelaksanaan Bimtek secata online, siapa yang cepat dia yang dapat.

“Namanya juga Bimtek dilaksanakan oleh pihak Kementrian, tentu yang ikut seluruh Indonesia. Semua guru di setiap Penjuru. Karena itulah kita perlu gerak cepat,” bebernya.

Sementara Waka Kurikulum SMPN 8, Maryatun SPd menambahkan bimtek ini sangat penting diikuti oleh guru. “Semua ilmu yang didapatk akan bermanfaat, karena itu jangan takut mencari ilmu,” tambahnya.

Apalagi saat ini akan dilaksanakan Assistem Kompetensi Minimal (AKM), guru dan siswa semuanya akan menghadapi program itu, perlu dilakukan bimtek agar bisa mengikuti dengan baik. “Karena sifatnya untuk pemetaan, maka untuk siswa bisa memetakan apakah masuk dalam siswa yang belajar melalui literasi atau numerik. Sedangkan untuk guru akan bermanfaat untuk metode mengajar pada siswa. Anggaplah sebagai bahan evaluasi untuk mengajar dimasa depan,” tutur wanita berkaca mata ini.

Sementara pantauan koran ini, semua wakil Kepala Sekolah juga diminta mendaftar secara online untuk mengikuti Bimtek AKM agar dapat memberikan gambaran pada siswa sebelum tiba pada masa penerapan AKM.(05)

Komentar

News Feed