oleh

Guru 5 Mata Pelajaran Ditatar

Pembelajaran Berbasis HOTS

PRABUMULIH – Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kompetensi guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih gelar program pelatihan proses pembelajaran yang berbasis High Order Thinking Skills (HOTS).

Setidaknya di Prabumulih, ada sebanyak 10 orang guru dari lima mata pelaran yang sudah ditatar dan ikut pelatihan yang dilaksanakan oleh LPMP, diantaranya yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA IPS dan Matematika.

Untuk pengimbasan, setidaknya LPMP sedang melatih 2 orang guru setiap mata pelajaran untuk mengibaskan kepada guru mata pelajaran di Kota Prabumulih melalui forum Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP).

“Nah perwakilan dari 5 mata pelajaran ini bertanggung jawab untuk mengimbaskan ilmunya kepada guru mata pelajaran dan di sekolah masing, – masing,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, Kusron SPd MSi.

“Tadi hanya pembukaan saja yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, selanjutnya pelatihan akan dilaksanakan Sesuai dengan jadwal yang diatur oleh setiap koordinator mata pelajaran masing-masing,”jelasnnya.

Kabid Sekolah Menengah, Heryadi SPd menambahkan, untuk pelaksanaan program ini, MGMP bahasa Indonesia dilaksanakan di SMP Negeri 4 Prabumulih, mata pelajaran IPA dan bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Prabumulih matematika di SMP Negeri 2 dan IPS dilaksanakan di SMP Negeri 7 Prabumulih.

“Setiap MGMP diwakili oleh 1 orang guru setiap mata pelajaran dari 22 SMP Negeri dan swasta di Kota Prabumulih. sehingga setiap mapel ada 20 orang guru. Artinua ada sebanyak 100 peserta dari 5 mata pelajaran ikut pelatihan pembuatan hots,”tandas heryadi.

Heryadi mengatakan kegiatan ini adalah mengajak para guru mata pelajaran untuk dapat menerapkan pembelajaran dengan basis hots serta dapat mengimbaskan ke guru lainnya yang ada di sekolah.

“Setelah ini tujuan setiap guru dapat mengimbaskan di sekolahnya masing-masing. Materi yang akan diberikan di antaranya tentang pembuatan rencana pokok pembelajaran proses pembelajaran proses penilaian dengan memasukkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPAK) gerakan literasi sekolah (GLS) dan keterampilan abad 21,”tandasnya.

Untuk pengimbasan, setidaknya LPMP sedang melatih 2 orang guru setiap mata pelajaran untuk mengibaskan kepada guru mata pelajaran di Kota Prabumulih melalui forum Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP).(05)

Komentar

News Feed