oleh

Gunakan 4 Bahasa Daerah

-Metropolis-1.182 views

PRABUMULIH – Guna lebih mengantisipasi berbagai ancaman gangguan Kamtibmas dalam wilayah hukumnya, Jajaran Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Prabumulih memiliki srategi baru dengan cara menyampaikan imbauan ke masyarakat menggunakan empat bahasa daerah yakni Bahasa Prabumulih, Bahasa Belida, dan Bahasa Rambang serta Bahasa Jawa.
Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Binmas, AKP I Putu Suryawan SH SIk mengatakan, langkah ini diambil agar setiap imbauan yang disampaikan bisa lebih mengena.
“Imbauan kamtibmas di lingkungan warga-warga di enam kecamatan di Prabumulih ini sudah tiga hari terakhir ini mulai kita sambangi supaya lebih mengingatkan kembali dalam keamanan di lingkungan mereka. Selain itu, kita juga berupaya agar lebih mendekatkan diri ke masyarakat menyampaikannya dengan empat bahasa daerah di Prabumulih ini seperti bahasa belida, jawa, rambang dan bahasa Prabumulih sendiri,” ujarnya kemarin siang (16/2).
Selain itu, dikatakan I Putu Suryawan, petugas bhabinkamtibmas pun selama ini sudah berjalan dalam menyambangi ke tokoh masyarakat serta warga-warga untuk memberikan arahan agar dapat lebih peduli dengan lingkungan masing-masing mereka.
“Anggota Bhabin kita sampai saat ini terus meningkatkan dalam memberikan imbauan bahkan arahan ke warga agar menginformasikan ke pihak kepolisian apabila ada kegiatan-kegiatan di lingkungan yang dicurigai mengganggu kamtibmas,” kata dia.
Menurutnya, dalam melaksanakan kegiatan tersebut, pihaknya juga melakukan pengecekan pos kamling ke setiap lingkungan di enam kecamatan yang ada di wilayah hukumnya dalam mempersiapkan lomba pos kamling yang akan digelar Polres Prabumulih yang direncanakan akan digelar pada Juni 2017 mendatang.
“Iya imbauan ke lingkungan warga itu juga sekaligus mengecek pos kamling mereka, untuk dapat diaktifkan. Saat ini masih banyak pos kamling yang sudah tidak aktif, makanya kita sampaikan juga supaya untuk kembali diaktifkan, apalagi nanti bertepatan dengan HUT bhayangkara nanti ada lomba pos kamling ini,” tuturnya.
Lebih lanjut, I Putu Suryawan menjelaskan dalam dilaksanakannya patroli dialogis itu dilakukan diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang sedang beraktifitasnya di saat jam-jam rawan kejahatan terjadi.
“Patroli dialogis dilakukan sesuai perintah ibu Kapolres agar anggota dilapangan untuk lebih bertanggung jawab menjaga situasi Kamtibmas selama piket dan mengambil inisiatif untuk menciptakan situasi aman seperti melaksanakan patroli tempat rawan. Bahkan kita sampaikan imbauan ke warga ini pada setiap jam-jam rawan kejahatan dapat terjadi,” tandasnya. (Mg03)

News Feed