oleh

Gudep SMPN 1 Jadi Sasaran Visitasi dan Akreditasi Pertama

PRABUMULIH – Gugus Depan (Gudep) gerakan Pramuka SMPN 1 Prabumulih, jadi sasaran pelaksanaan visitasi dan akreditasi tahun pertama dari Balai Pendidikan dan Latihan (Diklat) Mahameru, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Balai Diklat Mahameru,  H Hasan Basri yang saat itu menjadi salah satu tim asesor di SMPN 1Prabumulih, saat dikonfirmasi koran ini, mengatakan bahwa selama ini semua gudep sudah melaksanakan pelatihan dan pendidikan yang baik, namun kegiatan akreditasi ini sangat penting sebagai upaya pemeriksaan apakah sudah sesuai dengan standar kegiatan Kepramukaan.

Suasana Visitasi akreditasi

“Dalam hal ini, kita sebagai tim Assesor bukan mencari kesalahan, namun lebih pada memberikan pembinaan. Makanya dengan melihat ke 9 standar, kita berharap kegiatan Kepermukaan di Prabumulih sudah memenuhi standar tersebut,” katanya saat dibincangi di sela kegiatan Visitasi dan akreditasi kegiatan Kepramukaan di SMPN 1 Prabumulih, Jumat (13/11/2020).

Diketahui 9 standar yang diperiksa yaitu mulai dari standar data keanggotaan, standar administrasi gugus depan, pengelolaan gugus depan, kompetensi pembina kegiatan, standar pencapaian SKk-SKU dan garuda, standar sarana dan prasarana, standar pengalaman pembina dalam mengikuti kegiatan pada bidang pendidikan, sosial dan kagamaan hingga standar prestasi dan penghargaan.

Menurut pria ini, Di Gudep SMPN 1 , 80 persen sudah bagus, untuk sarana hampir semuanya ada. Hanya saja ada beberapa perbaikan yang paling utama disegerakan, seperti papan nama gudep perlu diperbaiki, karna yang diluar masih menggunakan yang lama, Serta administrasi surat menyurat antara disekolah dan gugus depan, kepala surat masih menggunakan kepala sekolah.

Kepsek SMPN 1 pose bersama Tim visitasi dan akreditasi

“SMPN 1 luar biasa, apalagi akreditasi ini adalah yang pertama kali dilakukan, namun rata rata standar sudah terpenuhi.  Yang mendapatkan kesempatan pertama ini sebagai percontohan awal pelaksanaan visitasi dan akreditasi, nanti kegiatan akan dilanjutkan pada tahun 2021,  Kita berharap nanti gudep lain juga melaksanakan tertib administrasi kepramukaan dengan baik,”tandasnya yang didampingi anggota tim lainnya, Asma SPd, H Sudarman SPd MM serta beberapa pengurus Kwartir cabang, Taftazani SPd MM, Eka, Deby dan Gede Sudarta.

Sebelumnya, Kepala Sekolah atau ketua Gudep SMPN 1 Prabumulih, menyampaikan rasa terimakasih kepada Kepala balai Diklat Kwarda Sumsel, karena telah memberikan banyak evaluasi untuk gudep SMPN 1 lebih baik. Menurutnya, dengan adanya akreditasi dan visitasi pramuka, maka pihak gudep bisa melaksanakan kegiatan yang berstandar dan ada acuan.

Wanita yang merupakan Ketua Kwartir ranting Prabumulih Utara ini juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pembina pramuka di SMPN 1. “Selama ini memang mereka peduli administrasi dan melaksanakan kegiatan berdasarkan komunikasi dengan pihak Kwartir cabang, kita bangga karena menjadi salah satu sekolah yang di Visitasi pertama,”tandasnya.(05)

Komentar

News Feed