oleh

Gua Tulung, Wisata Baru Buatan Warga

-Kecamatan-157 views

JUNGAI – Kota Prabumulih kini memiliki tempat wisata baru, yakni Gua Tulung Indah yang berada di Desa Jungai Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT).

Meski masih dalam pengerjaan, namun wisata yang dibangun oleh masyarakat bersama Karang Taruna di lahan milik tokoh adat ini sudah mulau ramai dikunjungi.

“Sudah hampir satu bulan ini, belum selesai masih dalam pengerjaan. Tapi sudah banyak juga yang datang,” kata Mintar salah satu warga Jungai.

Ketua Karang Taruna Desa Jungai Robi, menuturkan wisata gua tulung indah awalnya merupakan ide dari ketua adat desa Jungai Iryanto Ishak. “Pembuatannya dibantu masyarakat, karang taruna juga ada andil tapi tidak semua anggota ikut,” tuturnya.

Ia mengaku, memang nantinya tempat wisata yang ada di dusun II itu akan dibuka untuk umum. “Rencana tahun baru dibuka, soalnya sekarang masih dalam pengerjaan,”ucapnya.

Terpisah Kepala Desa Jungai Iskandar mengungkapkan, untuk sementara meski belum selesai namun sudah banyak yang datang. “Tapi masih gratis, untk umum,” kata Iskandar yang mengakui wisata tersebut milik warga dan dibangun dilahan warga.

Disinggung adakah rencana, wisata gua tulung indah dikelola oleh BUMDes. Mengingat wisata yang letaknya strategis, dilengkapi aliran sungai ini memiliki petonsi besar untuk menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes). “Itu rencana nanti akan kerja sama BUMDES, tapi akan kerja  sama dengan pemilik lahan,”tukasnya.

Sementara itu, dengan adanya wisata baru di Desa Jungai, kini Kecamatan RKT memiliki dua wisata buatan salah satunya Wisata Danau Bujoan. Berbeda dengan Jungai, danau Bujoan dibangun oleh desa dengan menggunakan anggaran DD yang dikelola oleh BUMDes. Namun sayang, saat ini terlebih sejak pandemi danau bujoan kurang menggaung.(08)

Komentar

News Feed