oleh

Gerak Jalan Digelar Dua Hari. Nomor Keberangkatan jadi Polemik

SUDIRMAN – Pelaksanan lomba gerak jalan, dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 74 tahun 2019, dijadwalkan selama dua hari. “Pelaksanaan lomba untuk tingkat pelajar dijadwalkan pada hari selasa 13 Agustus, sedangkan peserta umum dilangsungkan hari rabu 14 Agustus 2019,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Darmin SPd MSi.

Untuk rute lomba tahun ini berbeda dengan rute ditahun lalu. “Start lomba dimulai dari rumah dinas Walikota Prabumulih, hingga finish di tugu serangan balas, Kelurahan tugu kecil Kecamatan Prabumulih Timur,” ujarnya. Sementara untuk pakaian seragam peserta lomba untuk pelajar wajib menggunakan seragam sekolah, boleh menggunakan batik namun tetap tidak meninggalkan ciri khas sekolah. “Harus seragam sekolah formal tapi Boleh ditambah atribut lain, pakai baju batik juga boleh namun harus dari sekolah, artinya tidak memberatkan pihak sekolah dan peserta. Sedangkan untuk lomba peserta kelas umum harus menggunakan pakaian seragam olahraga,”ungkapnya menambahkan

sebanyak 5 orang dewan juri yang ditugaskan di sepanjang jalur rute yang dilalui oleh peserta. Biaya pendaftaran dokenakan dengan besaran yang berbeda-beda. Tingkat SD Rp150 ribu, SMP Rp175 ribu dan pendaftaran jmum Rp200. “Kegunaan uang pendaftaran tersebut adalah untuk administrasi panitia dan uang pembinaan para pemenang lomba,”imbuh Mantan Kepala Bidang PAUD dan pendidikan nonformal ini Seraya mengatakan juara 1 diuraikan menggunakan senilai Rp2 juta.

Lebih jauh darmin mengakui, bila panitia perlu mencari solusi serta mengantisipasi berbagai permasalahan tentang nomor keberangkatan yang sering dikeluhkan oleh Pesertalomba gerak jalan. Pasalnya setiap tahun permasalahan tentang nomor keberangkatan yang seringkali menjadi masalah membuat panitia berpikir, untuk mencari solusinya agar tidak terjadi lagi di tahun ini.

“Ada 1 permasalahan yang perlu kita selesaikan yaitu teknis penukaran nomor dada saat peserta lomba berangkat dari start menuju finish, karena ada peserta yang sudah datang duluan namun sebelum diberangkatkan karena nomornya tidak sesuai dengan nomor keberangkatan,”tukas Ketua Seksi Gerak Jalan HUT RI ke 74 ini.(08)

Komentar

News Feed