oleh

Gemar Membaca Roadshow ke Sekolah

PRABUMULIH – Setelah diluncurkan beberapa waktu lalu oleh Wali Kota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM bersama Direktur Harian Umum Prabumulih Pos, H Subki Sarnawi belum lama ini.

Program gemar membaca akan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah yang ada di kota ini, untuk mendorong atau meningkatkan kesadaran pelajar di kota ini untuk minat membaca.

General Manager (GM) Harian Umum Prabumulih Pos, Ade Rosad mengatakan, tahap awal ini sasarannya adalah pelajar SMP se-Kota Prabumulih. Sebanyak 26 SMP baik swasta dan negeri akan dikunjungi.

Tuntas, SMP selanjutnya SMA/SMK juga akan jadi sasaran kegiatan gemar membaca. Untuk SMA/SMK ada 15 sekolah di Kota Nanas ini. Sabtu mendatang (8/4), SMP Negeri (SMPN) 1 dijadikan sasaran roadshow pertama kali.

“Gemar membaca ini, program yang sangat positif untuk mendorong dan meningkatkan pelajar untuk gemar membaca. Apalagi, sekarang ini pelajar sangat tergantung dengan namanya gadget,” terang Ade kemarin.

Ade merinci, nantinya setiap sekolah akan diberikan koran secara gratis sekitar 200-300 eksemplar oleh Harian Umum Prabumulih Pos. Pada setiap jam pertama sekolah yang dikunjungi, siswa diberikan kesempatan membaca koran sekitar 10-20 menit.

“Setelah itu, akan diajukan pertanyaan. Bagi siswa yang bisa menjawab benar, akan mendapatkan hadiah spesial dari Harian Umum Prabumulih Pos. Hadiah ini sengaja diberikan sebagai reward, untuk memotivasi pelajar untuk rajin membaca. Khususnya, Harian Umum Prabumulih Pos yang merupakan koran berberita konten lokal,” kata dia.

Ia mengatakan, semoga kegiatan gemar membaca ini akan memberikan dampak dan efek kepada pelajar, untuk meningkatkan minat bacanya. Ketimbang bermain games di gadget, tidak memberikan manfaat.

“Banyak sekali manfaat dengan membaca, tidak hanya menambah ilmu dan juga membuka cakrawala dunia,” akunya.

Kepala SMPN 1, Riduan SPd MSi melalui Waka Kesiswaaan, Nuraisyah Yeny SPd MSi menerangkan, pihaknya menyambut positif kegiatan membaca. Apalagi, untuk meningkatkan minat baca para pelajar.

Pihaknya juga rutin sebulan sekali telah mengadakan kegiatan membaca, setiap Jumat tidak hanya koran saja jadi bacaan. Tetapi, buku-buku, majalah, dan lainnya jadi sasaran baca siswanya.

“Kegiatan itu dalam rangka mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Apalagi, kegiatan gemar membaca ini sasarannya sama dan kita siap memfasilitasinya,” tandasnya.

Sebutnya, nantinya anak-anak kelas VII yang akan mengikuti kegiatan gemar membaca ini pada jam pertama pelajar Sabtu mendatang. “Jumlah siswa kelas VII, berjumlah sekitar 200-an,” tambahnya. (06)

News Feed