oleh

Gelar Perpustakaan Keliling

PRABUJAYA – Untuk menumbuhkan minat baca dikalangan masyarakat, khususnya anak-anak. Forum Lingkar Pena (FLP) cabang kota Prabumulih membuka perpustakaan keliling di Taman Kota Kelurahan Prabujaya.

Ketua FKP Fajar Kustiawan, mengutarakan tujuan dari perpustakaan keliling terbebut tak semata untuk menumbuhkan minat baca. Namun sebagai bentuk keprihatinan, dari mulai berkembangnya kecanggihan teknologi, dimana buku mulai ditinggalkan dan beralih ke versi digital dengan menggunakan gadget.

“Dijaman gadget seperti sekarang ini, buku cetak fisik hampir jarang tersentuh. Sebagian besar orang lebih memilih versi digital,” kata Fajar kemarin.

Menurut Fajar, tak hanya jauh dari buku keberadan gadget saat ini berpengaruh besar terhadap jiwa sosial masyarakat. Dimana, interaksi dengan sekitar menjadi terbatas. “Selama ini kita sudah terlalu jauh dari buku, dan interaksi satu dengan yang lain bahkan dengan anak juga terbatas. Orang tua sekarang lebih membiarkan anak sibuk dengan game. Ini sangat beda dengan jaman kita dulu,” jelasnya.

Melalui perpustakaan keliling dengan tagline masa depan esok adalah milik mereka yang rajin membaca hari ini yang diadakan oleh FLP tersebut, dirinya berharap agar minat baca masyarakat kembali tumbuh. “Membaca buku sensasinya beda, lebih merangsang syaraf motorik kita ” ucapnya.

Lebih lanjut Fajar mengungkapkan, terdapat ratusan buku yang disediakan mulai dari fiksi dan non fiksi seperti majalah anak bobo, buku ensiklopedi, cerpen, puisi, novel, biografi dan lain-lain. “Alhamdulillah antsuias masyarakat tinggi. Ibu-ibu yang mengajak anaknya ke taman, lalu mampir ke tempat kami, memilih dan mengambil beberapa buku,” jelasnya seraya menambahkan kegiatan perspustakaan keliling tersebut akan tetap dilanjutkan.

Alamsyah salah satu pengunjung yang memanfaatkan taman baca keliling, mengaku sangat terkesan. “Jarang memang sekarang lihat anak-anak remaja membaca buku seperti ini. Dengan keberadaan perpustakaan keliling, taman kota lebih berwarna,” tukasnya. (05)

News Feed