oleh

Garuda Muda Pindah TC ke Perancis

-Olahraga-12 views

JAKARTA – Hampir dua bulan, Tim nasional Indonesia U-19 mejalani training camp di Kroasia. Selain agenda pemusatan latihan, timnas juga melakukan laga persahabatan melawan timnas negara lain maupun klub-klub kuat di Kroasia. Selanjutnya timnas U-19 akan pulang ke Tanah Air pada Rabu (28/10) depan.

Kemudian Pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Namun tak semudah ekspektasi, karena pihak Kepolisian belum memberikan izin untuk lanjutan Liga 1 dan Liga 2, kompetisi akhirnya ditunda. Untuk itu, PSSI punya cara yakni membawa Garuda Muda ke Perancis.

Timnas akan kembali melakukan training camp ke Eropa pada 8 Desember 2020 hingga 22 Januari 2021. Kali ini timnas akan melakukan TC di Prancis sekaligus mengikuti Turnamen Toulon yang dimulai 21 Desember hingga- 1 Januari 2021,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan diikuti Wapres Ma’ruf Amin, para menteri, Kapolri, dan Panglima TNI, kemarin.

Menurut Iriawan pada 23 Januari 2021, timnas akan kembali ke Jakarta. Di Jakarta, timnas akan melakukan pemusatan lagi untuk persiapan putaran final Piala AFC U-19 di Uzbekistan. Setelah itu timnas akan kembali ke Jakarta untuk melakukan pemusatan latihan sebelum bersiap mengikuti Piala Dunia 2021 pada Mei-Juni 2021.

“Kesiapan timnas terus kita pantau. Kita ingin timnas bisa mencapai prestasi yang membanggakan. Kita meminta target prestasi lolos dari babak penyisihan, syukur-syukur bisa masuk delapan besar,” ujar Iriawan.

Timnas U-19 saat ini sudah menjalani sepuluh laga uji coba di Kroasia dengan melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), dan Makedonia Utara (4-1 dan 0-0).

Di sisi lain, Pelatih tim nasional Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengundang pemain keturunan untuk dilihat kemampuan serta kualitasnya secara langsung pada pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Dua pemain yakni Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy Mahesa datang ke Kroasia pada Minggu (18/10) malam. Dua orang pemain berdarah Jerman tersebut sudah mengikuti latihan pada Senin (19/10).

“Ya saya mengundang dua pemain ini untuk datang ke Kroasia karena saya ingin melihat langsung kualitas mereka. Pertimbangan mendatangkan dua pemain ini ke Kroasia karena jarak dari negara mereka (Jerman) tidak terlalu jauh kesini,” kata Shin Tae-yong.

“Ada sejumlah pemain keturunan yang saya ingin lihat langsung kemampuannya, namun baru dua pemain ini yang bisa ke Kroasia. Mungkin saja kami akan panggil saat pemusatan latihan (TC) selanjutnya sambil menunggu perkembangan,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Kelana Noah Mahesa kelahiran 30 Januari 2001 dan Luah Fynn Jeremy Mahesa lahir pada 30 Juli 2002. Untuk Kelana dan Luah saat ini bermain di klub Bonner SC, Jerman.

“Saya sangat senang mendapat undangan dari pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti latihan bersama timnas U-19 di TC Kroasia. Saya ingin menjadi bagian dari tim ini, ini tidak mudah namun saya akan berjuang,” kata Kelana Noah.

Pada bulan Agustus 2019 lalu, dua pemain ini pernah mengikuti latihan bersama klub Persela Lamongan. (fin/tgr)

Komentar

News Feed