oleh

Gardu Gas Kota di GPI Terbakar

-Metropolis-446 views

PRABUMULIH – Sebuah gardu regulator system (RS) gas kota yang terletak di kawasan Perumahan Griya Permata Indah (GPI) yang berada di Jalan Padat Karya Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur, dini hari kemarin (9/3) sekitar pukul 01.30 WIB secara tiba-tiba terbakar.
Informasinya, terbakarnya gardu gas tersebut disaat derasnya hujan turun serta diiringi gemuruh suara petir yang menyambar. Beruntung kobaran api dapat segera dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran dari Pertamina dan Pemkot Prabumulih diturunkan ke lokasi.
Belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu. Namun, menurut sejumlah warga setempat yang menduga, terbakarnya gardu induk tersebut terbakar lantaran akibat disambar petir.
Sementara, dari pantauan di lokasi kejadian, hingga kemarin sore (9/3), di lokasi sekeliling gardu diberikan tanda garis pengamanan oleh petugas keamanan perusahaan gas kota dan Polres Prabumulih yang masih menunggu dilakukannya perbaikan hingga kondisi gardu kembali normal.
Informasi yang dihimpun, dalam peristiwa terbakarnya gardu induk gas kota tersebut secara tiba-tiba terdengar suara petir menyambar. Tak lama, cahaya sinar lampu listrik PLN pun padam.
Saat itulah, suasana sepi warga sekitar lokasi mendadak ramai berhamburan setelah ada warga yang melintas melihat kobaran api digardu tersebut.
“Diwaktu dak lamo dari suaro petir itu, ado suaro wong yang di depan itu teriak kebakaran. Becepat kami warga-warga yang ado saat itu di rumah belari keluar jingok memastikan. Dak taunyo ado nian gardu gas kota dekat sini yang terbakar tu,” ungkap Mardiana (43) salah seorang ibu rumah tangga dibincangi sejumlah media saat di lokasi, siang kemarin (9/3).
Kemudian, kata warga GPI ini, saat mengetahui adanya gardu gas kota yang terbakar dirinya serta warga yang lainnya bergegas langsung untuk menghubungi pihak pemadam kebakaran. Sambil menunggu petugas pemadam tiba, sambungnya, sejumlah warga sekitar bahu membahu menyiramkan air dengan peralatan seadanya ke titik sumber api di gardu terbakar tersebut.
“Tapi dak lamo itu, mobil pemadam datang, untung jugo hari dang hujan, jadi api dak sempat menyambar kemano-mano cepat biso diatasi,” terang dia.
Hal sama juga dituturkan, Okta yang mengaku salah satu warga penghuni Perumahan GPI tersebut. Menurut pria ini kebakaran di gardu gas itu, ia menduga karena disebabkan oleh tersambarnya petir. “Kejadiannya bertepatan dengan usainya suara gemuruh petir, jadi ada suara petir tak lama dari itu ada yang teriak-teriak kebakaran,” tuturnya.
Sementara itu, Kabag Ops Polres Prabumulih, Kompol Andi Supriadi SH SIk MH ketika dikonfirmasi juga membenarkan adanya peristiwa kebakaran gardu regulator system tersebut. Ditegaskan dia, atas insiden yang terjadi itu tidak menimbulkan adanya korban luka maupun jiwa satupun.
“Iya tadi malam kejadiannya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, mengenai apa penyebabnya kita masih diselidiki oleh anggota reskrim dan juga pihak pertagas niaga,” singkatnya.
Secara terpisah, Stakeholder Relation Manager PT Pertagas Niaga, Ratna Dumila juga memberikan penjelasannya terkait peristiwa terbakarnya sebuah gardu gas di lokasi GPI tersebut. “Untuk kondisi terakhirnya saat ini, gardu RS yang terbakar itu sudah berhasil kita atasi dan sudah kembali normal,” terangnya.
Namun kata Ratna, pihaknya hingga saat ini belum mengetahui untuk nilai berapa kerugian yang ditimbulkan karena kejadian itu. Ratna bahkan juga mengaku, belum mengetahui apa penyebab terbakarnya gardu tersebut yang juga akan menurunkan tim guna memeriksa kondisi sekitar RS untuk melihat kemungkinan apa saja yang berpotensi menyebabkan kebakaran.
“Belum mas, ini masih diinvestigasi tim Jakarta dan Prabumulih saat ini sedang koordinasi. Siang tadi (kemarin, red) tim proses perbaikan regulator system dan sekitar jam 12.00 WIB jargas mulai mengalir,” tukasnya. (Mg03)
TERBAKAR: Gardu Regulator System (RS) gas kota di kawasan Perumahan Griya Permata Indah (GPI) yang berada di Jalan Padat Karya yang terbakar dipasang garis pengaman.
Photo: dhino/prabupos

News Feed