oleh

Gandeng Perusahaan Bangun Taman

-Metropolis-422 views

PRABUMULIH – Wacana pemerintah kota (pemkot) untuk memperindah jalan protokol dengan menggandeng perusahaan dan pemilik ruko untuk membuat taman-taman kecil di pinggiran jalan Sudirman tahun ini akan terwujud.
Bahkan, untuk mewujudkan wacana itu kini tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mulai turun kelapangan melakukan survey.
“Ini program dari pemkot melalui kita (DLH), yakni akan membangun taman-taman kecil didepan perusahaan, ruko yang ada disepanjang Jalan Sudirman. Sekarang tim sedang survei di jalan Sudirman,” kata Kepala DLH Ir Dwi Koryani kepada koran ini, kemarin (28/2).
Nantinya ungkap Dwi, kanan kiri jalan Sudirman akan lebih indah setelah ditanam taman oleh masing-masing perusahaan ataupun ruko. “Itu seluruh kita libatkan, untuk tamannya seperti apa konsepnya itu kita lihat sesuai kondisinya. Kalau sudah ada tanaman besar, mungkin nanti akan ada taman tempat duduk, jadi akan lebih cantik,” bebernya.
Lebih jauh Dwi menuturkan, diawal rencana tersebut penanaman akan dilakukan oleh pihaknya. Yang selanjutnya bisa diteruskan oleh masing-masing perusahaan atau toko yang ada di Jalan Sudirman. “Jadi untuk awal, sebagai gambaran kita yang mulai. Misal ditanam atau dibangun taman sedikit seterusnya mereka yang melanjutkan,” ungkapnya.
Seperti di pinggiran jalan Sudirman PT Thamrin, menurut Dwi dengan keberadaan pohon yang sudah rindang kemungkinan bisa dibangun taman tempat duduk. “Itu bagus jika ada tamannya, pohon yang sudah besar sangat mendukung sekali,” terangnya.
Dilibatkannya perusahaan, ruko dalam membuat taman tersebut ungkap Dwi, tak lain untuk mengajak dan menumbuhkan rasa memiliki terhadap Bumi Seingok Sepemunyian. “Ada sumbangsih, rasa memiliki dan partisipasi untuk keindahan kota ini,” imbuhnya.
Masih kata dia, tak hanya perusahaan yang juga diharapkan berpartisipasi untuk menjaga keindahan. Masyarakat luaspun memiliki peran penting dalam menjaga dan merawat apa yang sudah ada.
“Kalaupun misalnya tidak bisa ikut menanam, pesan kita tanamkanlah rasa memiliki jaga dan rawat yang sudah ada. Seperti yang didepan ruko-ruko yang ada sekarang, jengan sekali-kali ditebang, harus berpartisipasi merawat dengan cara menyiram jika memang harus,” tukasnya.
Banyak masyarakat yang menyambut baik rencana tersebut. Apalagi keberadaan taman tentunya akan sangat menyejukkan mata, dan menjadikan kota ini menjadi lebih indah. “Kalau lah ado taman, yang pecak semeraut biso berkurang. Cak di depan BNI itu bagus taman-tamanyo, cumo akan lebih bagus kalau trotoar kito bagus jugo. Sebab sekarang ini sayang nian rusak parah,” pungkas Yadi warga Jalan Sudirman Kecamatan Prabumulih Timur, ketika dibincangi terkait wacana tersebut. (05)
TAMAN: Taman yang berada di depan kantor bank BNI jadi contoh
Photo: ros/prabupos

News Feed