oleh

Gali Sumur, Warga Temukan Kendi

-Kecamatan-80 views

PATIH GALUNG – Warga Talang Pung Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat mendadak gempar.

Pasalnya, pada Sabtu (26/10) telah ditemukan dua buah kendi tua yang diyakini peninggalan sejak ratusan tahun lalu.

Dua kendi tersebut pertama kali ditemukan oleh Seri dan Pardan warga RT 1 RW 1 saat sedang menggali sumur milik Sairi diwilayah Talang Pung RT 6 RW 2.

Kini dua kendi yang berwarna hitam tersebut, sudah diamankan oleh pemilik lahan yakni Sairi dikediamannya.

Seri salah satu penggali sumur menuturkan, menemukan kendi dikedalaman 9 meter. Namun, sebelum menemukan kendi ia dan Pardan sudah menemukan sejumlah keanehan saat menggali sumur pada kedalaman 6 meter. “Ada bulatan rapi dalam sumur seperti sumur, isinya tanah yang mengeluarkan air. Dan waktu itu tidak bisa digali dengan alat tapi dengan tangan. Waktu itulah kami menemukan itu, yang awalnya hanya guci kecil,” kata Seri ditemui dilokasi penggalian sumur Minggu (27/10).

Sementara inzet foto merupakan lokasi penggalian sumur di Talang Pung. Foto: Ros/Prabupos

Saat itu kata dia, penggalian sumur kembali dilanjutkan. Yang akhirnya kembali menemukan 1 buaj kendi ukuran agak besar. “Tapi sedikit kena alat jadi agak pecah, dan ini tepat satu minggu kami gali sumur,” tuturnya mengaku tak mengalami atau berfirasat apapun sebelum dan setelah menemukan kendi tersebut.

Sementara itu Sairi pemilik lahan dan sumur, mengaku saat ini dua buah kendi sudah disimpan digudang rumahnya. Waktu pertama kali ditemukan kata dia, ia dan warga sekitar sempat terkejut. “Kaget, tapi setelah ditemukan langsung kami cuci bersih, kondisinya masih bagus dan seperti dari batu asli, ada juga kayu sebagai pembatas kendi,” jelasnya.

Sairi menilai kendi yang ditemukan didalam sumur tersebut merupakan, barang antik milik leluhur yang telah meninggal ratusan tahun lalu. “Pastinya apa belum tau, tapi menurut kami demikian karena sejarah talang pung ini jelas. Yakni salah satu daerah tertua di Prabumulih sebelum Prabumulih terbentuk, dan itu sudah ratusan tahun lamanya,” ungkapnya menambahkan penggalian sumur dihentikan dikedalaman 10 meter.

Memang kata Sairi, penemuan kendi sebelumnya pernah ditemukan olenya ditahun 1984. Hanya saja ketika itu, berbentuk kendi biasa dan sudah banyak yang pecah ditanah yang tak begitu dalam. “Sebab dulu pernah mimpi, disuruh gali tanah nemukan bambu yang jadi batu. Tapi malah ketemu kendi tapi itu tak terlalu dihiraukan ketika itu,” terangnya.

Nah, dengan ditemukannya kendi tersebut ia mengaku akan mencari tau dan berkonsultasi dengan orang pintar. Iapun mengaku tak akan menjual kendi tersebut bila ada yang menawar untuk dibeli.

“Atau ada yang ahli barang antik akan kami tanyakan, apakah memang boleh kami simpan. Sebab agak takut juga menyimpan barang antik. Karena rasanya aneh, selain kendi kayu yang ditemukan dengan kendi juga tidah hancur,” tukasnya.

Pantauan koran ini, dua buah kendi berwarna hitam tersebut memiliki tulisan garis-garis disepanjang lobang kendi. Sementara saat dipegang kendi terasa dingin dan sejuk meski sebelumnya telah disimpan didalam kardus.(08)

Komentar

News Feed