oleh

Fraksi PDIP Minta Pemkot Tingkatkan Kesejahteraan PHL

-Metropolis-42 views

PRABUMULIH – Upaya pemerintah kota (pemkot) yang mengusulkan Pegawai Harian Lepas (PHL) menjadi penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah pusat didukung oleh anggota DPRD Fraksi PDIP.

Hanya saja fraksi PDIP berharap, agar kedepan pemkot lebih serius memperhatikan PHL, sesuai jenjang pendidikan dengan meningkatkan gaji para PHL yang ada dilingkungan pemkot.

Ketua Fraksi PDIP H Alfa Sujatmiko SH menyampaikan, dengan ditingkatkan gaji PHL akan berdampak pada semangat kinerja. “Kami dari fraksi PDIP menginginkan kesejahteraan PHL. Kami akan berupaya mendorong meningkatkan kesejahteraan PHL agar pemerintah memperhatikan ini. Kalau hanya BLT itu dana dari pusat,” kata Alfa.

Salah satu anggota legislatif termuda ini menuturkan, upaya untuk meningkatkan gaji PHL bisa dilakukan. Salah satunya yakni dengan mengalihkan sejumlah anggaran program yang tak mendesak.

“Banyak program yang untuk tahun depan, yang kami lihat tidak terlalu penting. Dialihkan saja untuk kesejahteraan PHL. Mungkin bakal ada pengadaan motor dan lain-lain, lebih bagus untuk PHL. Merekakan masyarakat juga,” ujarnya.

Disinggung, untuk meningkatkan gaji PHL tentunya berkaitan dengan anggaran sementara saat ini pemkot terkendala anggaran? Dengan lugas politisi berfostur tinggi ini mengatakan kesejahteraan PHL tetap bisa dilakukan. “Kita sampaikan tadi, banyak program yang tidak terlau penting bisa dialihkan, dan ini sudah sering kami sampaikan di rapat,” tegasnya.

dorongan agar pemkot meningkatkan kesejahteraan PHL ungkap Alfa sangatlah beralasan. Mengingat, untuk gaji PHL saat ini masih sangat rendah, belum lagi tugas dan tanggung jawab PHL terkadang lebih berat dari ASN.

“Seperti misalnya PHL S1 itu hanya berapa ratus gajinya, kemudian tugas PHL ini kadang lebih berat dari PNS. Banyak PHL yang pulangnya lebih sore dari PNS. Karena inilah kita berharap pemkot memikirkan ini dengan keadilan,” tuturnya menambahkan gaji PHL Kota Prabumulih masih rendah dibanding kabupaten tetangga yang Rp 1,5 juta.

Terkait kesejahteraan PHL tersebut, dalam waktu dekat fraksi PDIP akan berkoodinasi dengan dinas terkait. “Kita juga dari komisi, jadi akan berkoordinasi dengan kepala keuangan, mudah-mudahan segera dan mohon doanya supaya cepat terlaksana,” tukasnya. (08)

 

Komentar

News Feed