oleh

Flu Singapura Mulai Serang Prabumulih

PRABUMULIH – Dampak dari kemarau yang cukup panjang saat ini, selain ISPA dan diare, sejumlah orang tua di Kota Prabumulih kini dihantui oleh penyakit yang diduga flu Singapura.

Tak pelak penyakit yang disebabkan oleh Virus RNA ini membuat orang tua resah. “Sudah berobat dan konsultasi ke dokter, informasinya anak kami ini terkena flu singapura,” kata Susanti salah satu warga kelurahan Prabujaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo S MPh melalui Sekertaris Dinas dr Hj Hesti W MARS MM mengaku belum menerima laporan adanya penyakit flu Singapura di Kota Prabumulih.“Sepertinya belum ada laporan kasus flu Singapura,” kata dr Hesti melalui pesan singkat kemarin ( 22/9).

Menurut dr Hesti, penyakit yang berasal dari Negara berjuluk Kota Singa ini tidaklah berbahaya bila daya tahan tubuh kuat. “Bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi tetap tergantung daya tahan tubuh,” terangnya.

Ia menyampaikan flu Singapura biasanya muncul dengan diawali demam tinggi. “Gejala khasnya demam tinggi, kemudian timbul ruam ditangan kaki dan mulut,” tutur ibu dua anak ini.

Nah, untuk mencegah penularan penyakit flu Singapura salah satunya dengan menghindari kontak langsung dengan penderita. “Penularan bisa dari lender bersin, dan ruam merahnya. Hendaknya cuci tangah sebelum makan, terlebih kalau ada keluarga yang terkena flu ini,” tukasnya. (08)

Komentar

News Feed