oleh

FKD Klaim Realisasi DD II Capai 80 Persen

PRABUMULIH – Realisasi pengelolaan dana desa tahap II, sebelumnya dicairkan sebesar 40 persen di 12 desa di Kota Nanas ini.

Informasi dihimpun koran ini dari Forum Kepala Desa (FKD), rata-rata dana desa tahap II realisasinya sudah mencapai 80 persen.

Hal itu dibenarkan Ketua FKD, Asmedi C Adam SH MH ketika dibincangi awak media, Rabu (25/9).

“Kalau tahap I lalu, dana desa realisasinya sudah 100 persen semuanya. Kalau tahap II ini, sudah mencapai 80 persen,” ujarnya.

Sekarang ini, kata dia, tengah dalam pengajuan tahap III sebesar 40 persen. Sehingga, dana desa tersebut bisa segera dicairkan dan dikelola membangun desa dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Tahap III, dana desa tersisa 40 persen. Sehingga, 100 persen dana desa cair. Proses pengajuan dana desa tahap III sendiri, ada masih di kecamatan dan juga ada di DPMD,” jelas Asmedi.

Akunya, jika berjalan lancar kemungkinan Oktober mendatang. Dana desa, bisa cair dan kembali dikelolanya.

“Kendala pengelolaan dana desa pasti ada, tetapi hanya sebatas mal administrasi saja. Karena, perubahan Siskodes dan aturan,” bebernya.

Senada juga dibenarkan Kades Kemang Tanduk, Adi Darminto Amd. Kalau pengelolaan dana desa tahap II, rata-rata sudah capai 80 persen.

“Tinggal pembangunan lampu jalan. Demikian juga pembangunan siring ada sudah dilakukan atau dikerjakan. Dan, juga proses pengerjaan. Termasuk, program pembangunan jalan lingkungan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala DPMD, A Fauzan Akmal SSTP Msi melalui Kabid PMD, Fathan Mubina SKM MSi menerangkan, laporan dari FKD realisasi pengelolaan dana desa tahap II rata-rata sudah mencapai 80 persen.

“Kalau pencairan tahap III menunggu proses pengajuan selesai dan persyaratan lengkap. Insya allah, kalau tidak ada halangan Oktober tahap III sudah bisa dicairkan,” tukasnya.

Masih kata dia, pihaknya bersama pihak terkait terus melakukan pengawasan dan evaluasi pengelolaan dana desa. “Sehingga, sesuai aturan dan ketentuan. Khususnya, untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed