oleh

Empat Pilar Program Pendidikan Keluarga

PRABUMULIH – Pengawas Sekolah SMA dilingkungan Dinas Pendidikan Provinsi, Drs H Muslim MPd mengatakan ada sebanyak  4 pilar program pendidikan keluarga yang bisa direalisasikan dalam lingkugan sekolah.

Sesuai dengan tujuan program ini, bahwa dalam prndidikan keluarga, keterlibatan orang tua adalah yang utama. nah dalam keterlibatna tersebut dapat dilakukan melalui 4 pilar tersebut yaitu, menghantarkan anak ke skeolah, kelas parenting, kelas inspirasi dan pesta akhir tahun.

“Melibatkan orang tua sepenuhnya itu artinya, tidak hanya sekedar see hay dan see hello saja kepada wali kelas, namun harus berkomunikasi lebih dalam, sehingga terwujudnya komunikasi yang lancar,” jelasnya saat melakukan monitor sekaligus memberikan penjelasan mengenai program pendidikan keluarga di SMAN 1 Prabumulih Senin (18/11).

Sedangkan dalam kelas inspirasi, pihak skeolah bisa melakukan semacam acara talkshow dengan menjadikan salah seorang tokoh inspiratif, bisa dari para rang tua dan bisa juga para alumni yang sudah terbilang berhasil.

“Hasil pendampingan dan monitor pelaksanaan program Pendidikan Keluarga di sekolah ini alhamdulillah mengarha ke lebih baik semoga kedepan makin lebih baik lagi. baik untuk yang sudah menerapkan maupun yang baru akan melaksanakan,” bebernya yang didampingi Drs H Nursal MM.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Prabumulih, Freni Listiyan SPd MSI saat dikonfirmasi mengatakan, selama ini pihaknya belum pernah diikutkan dalam kegiatan pendidkan keluarga. namun wanita ini mengatakan, ternyata arah dan tujuan program ini sama seperti aktivitas yang sudah dilakukannya selama ini.

“Jujur saja kami belum pernah mengikuti secara khusus program pendidikan keluarga, namun setelah dibedah, ternyata program selama ini yang senyum, sapa dan salam (3S) yang selama ini diterapkan sudah da dalam program ini. aritnya kita tinggal meneruskan saja,” tambahnya.

Bahkan lebih dari itu, kelas inspirasi juga sudah dilakukan di SMAN 2 Prabumulih yang sudah pernah menjadikan Wakil Wali Kota Prabumulih sebagai Inspirasi dan motivasi untuk para siswa yang sudah sukses ditingkat karier.

“Kita juga pernah melakukan kelas inspirasi, semacam kegiatan memotivasi anak anak agar lebih giat belajar dalam menggapai cita cita, dan ternyata juga masuk dalam program pendidikan keluarga,”kata Kepala SMAN 2 Prabumulih, Hj Eva Yusnita MPd.(05)

Komentar

News Feed