oleh

Ekspektasi Tinggi Meriam Muda

-Olahraga-17 views

LONDON – Cara Arsenal mengikat pemain muda berbakat dengan kontrak panjang telah menjadi tradisi sejak dinakhodai Arsene Wenger. Bak menabung emas, cara ini seperti investasi jangka panjang. Jika gagal memuaskan ekspektasi, harga murah dari pemain muda tentu tak membuat klub Meriam London tak berkecil hati. Namun, jika sukses, bukan hal yang lumrah jika pemain tersebut menjadi aset berharga klub atau dijual dengan harga fantastis.

Musim panas tahun lalu, Gabriel Martinelli yang baru berusia 18, menjadi rekrutan pertama Arsenal pada bursa transfer. The Gunners tak terlalu dalam merogoh koceknya. Mereka cukup mengeluarkan dana EUR 6 juta (Rp 95 miliar), winger muda itu hadir di Emirates Stadium.

Hasilnya pun cemerlang, Martinelli menyarangkan 10 gol dari 34 penampilannya. Pelatih Arsenal Unai Emery pun kagum dibuatnya. Dia juga sempat dipanggil untuk latihan bersama Timnas Brasil dalam persiapan Copa America 2019.

Saat Arsenal dibawah kemudi Mikel Arteta, jumlah gol Martinelli pun tak berkurang. Masih 10 dari 26 penampilannya. Ini menjadi investasi pemain muda terbaik sepeninggal Arsene Wenger.

Rabu (1/7), Arsenal kembali mencatatkan investasi yang serupa. Bukayo Saka yang masih berusia 18 tahun mengikuti langkah Martinelli. Tak tanggung-tanggung, kontrak bek kiri tersebut berdurasi empat tahun. Padahal kontraknya habis 2021.

Musim ini, andalan Timnas Inggris U-21 telah mencatatkan 33 penampilannya. Posisinya di sayap kiri mampu memuaskan ekspektasi Emirates. Torehan tiga gol serta 11 assist sudah cukup membuat Arsenal yakini bahwa Saka adalah investasi yang wajib dilirik.

“Bukayo adalah pemain muda yang berbakat dan cerdas,” kata Mikel Arteta kepada situs web klub. “Dia membuat saya terkesan dengan etos kerja dan sikapnya untuk belajar dan beradaptasi, dan itu terbayar dalam penampilannya,” tambahnya.

Saka adalah salah satu contoh produk sukses akademi Arsenal. Ia diorbitkan oleh Unai Emery dan musim ini ia terlibat aktif di dalam skuat The Gunners. “Saya bersemangat untuk terus melihatnya bermain bersama kami,” ujarnya.

Direktur teknis Arsenal Edu mengatakan perpanjangan kontrak Saka menjadi pertanda bahwa akademi telah membuktikan keberhasilannya dalam mengembangkan meriam-meriam muda London.

“Ini adalah sesuatu yang semua orang yang terlibat ingin terjadi dan kami senang bahwa Bukayo telah menandatangani kontrak jangka panjang terbarunya,” tambah Edu.

Dalam kesempatan ini, Edy membeberkan bahwa Saka adalah salah satu berlian muda berharga yang dimiliki oleh Arsenal. Untuk itu Arsenal sama sekali tidak berminat untuk menjualnya ke klub manapun dengan harga berapa pun di musim panas ini.

“Dia membuat kemajuan besar dan merupakan satu dari sejumlah pemain muda yang telah berkembang melalui akademi. Ini sangat penting dalam kemajuan klub,”tambahnya. (fin/tgr)

Komentar

News Feed