oleh

Dua Tahun, 6 PNS Tak Lagi Diberikan Gaji

PRABUMULIH – Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang terjerat kasus korupsi dan kasusnya sudah inkra, telah dua tahun tidak diberikan lagi gaji. Informasi dihimpun koran ini, PNS tersebut tidak menerima gaji didasari adanya surat pemberhentian gaji sementara sejak Mei 2017 silam. PNS yang dihentikan gajinya tersebut, berjumlah 6 orang.

Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST MM dikonfirmasi hal itu tidak menampik hal itu, kata dia, itu dilakukan menindaklanjuti surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kalau PNS korupsi kata dia, harus diberhentikan. Tahap awal, akunya dilakukan pemberhentian gaji sementara. “Untuk jelasnya, silakan tanya Badan Keuangan Daerah (BKD). Untuk pemberhentian gaji sementara,” ucap Elman dibincangi awak media, belum lama ini.

Sambungnya, sesuai aturan memang mengacu surat KPK. PNS terlibat korupsi, memang harus diberhentikan. “Sekarang ini, proses pemberhentiannya tengah usulan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN),” jelasnya. Senada juga diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Benny Rizal SH MH mengatakan, kalau tidak menampik soal pemberhentian gaji sementara bagi PNS terjerat kasus korupsi dan status hukumnya telah vonis pengadilan.

“Bukan hanya dihentikan gajinya sementara, tetapi juga pengusulan proses pemberhentian. Karena, sudah aturan dan ketentuannya,” kata dia. Sambungnya, perberhentian PNS korupsi itu sendiri. Akunya, tidak dengan hormat. Artinya, PNS tersebut tidak menerima gaji pensiun. “Pemberhentian PNS tersebut, memang butuh proses,” bebernya.

Sementara itu, Kepala BKD, H Jauhar Fahri SE Ak CA dikonfirmasi membenarkan hal itu. “Iya, memang benar. Sudah dilakukan pemberhentian gaji sementara terhadap PNS sudah inkra terjerat kasus korupsi,” ucapnya. Ia juga, tidak memungkiri jumlah PNS diberhentikan gaji sementara sekitar 6 orang. “Betul, informasinya demikian,” jawabnya singkat tidak merinci lebih lanjut. (03)

Komentar

News Feed