oleh

Dua Sekolah Ikuti Simulasi PISA 2020

-Pendidikan-15 views

PRABUMULIH – Sebanyak 15 orang siswa perwakilan dari dua sekolah yaitu SMPN 1 dan SMPN 6 Prabumulih,  melaksanakan Simulasi Programme for Internasional Assesmen Student (PISA) 2020, di sekolah masing-masiang Senin (14/9/2020).

Sebanyak 14 siswa mengerjakan soal Matematika (21 butir) dan Bahasa Indonesia (21 butir) masing-masing selama 1 jam.

Selama simulasi, siswa dibantu oleh dua guru pendamping Mta pelajaran bahasa Indonesia, Matematika, serta seorang proktor dan operator dari dua sekolah. Yang didipantau langsung oleh Dinas Penidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih , Dedi Hidayat SpdI MM dan perwakilan dari MKKS SMP, Dewi Agustina SPd.

“PISA merupakan  kegiatan yang bersifat Internasional, sebagai simuliasi pembelajara berbasis Informasi dan Tekhnologi (IT), untuk saat ini khusus untuk dua mata pelajaran saja yaitu yaitu Bahasa Indonesia dan matematika,” Kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Nopri Adison SPd MSi melalui Staffnya Dedi Hidayat SPdI MM.

Dia mengatakan, sebagai tindak lanjut dari simulasi ini, para Gutu Mata Pelajaran dan operator, akan Ikut pelatihan yang akan dilaksanakan pada kamis  17 september mendatang.  masing masing sekolah mengiri dua orang guru Mata pelajaran Matematika dan bahasa Indonesia.

“Pelatihan dilakukan sebagai tindak lanjut Simulasi di Daerah, dengan tujaun untuk pemetaan kwalitas mutu iswa berbasis Iinformasi dan Tekhnologi.  masing masing sekolah yang mengikuti siswa sebanyak 5 sampai 10 siswa,” jelasnya yang didampingi help desk SMPN 1 Deki Hari Yanto dan helpdesk Jeni SE.

Kemudian Setelah ikut pelatihan, maka  para guru dan operator harus menerapkan dan mengimbaskan ke sekolah lain baik Sekolah Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Prabumulih. Ada perwakilan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Prabumulih, Staff Bidang Pembinaan SMP.

Hasil yang diharapkan Kegiatan pelatihan guru ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kemampuan sekolah dalam memahami studi PISA dan melakukan simulasi/strategi pembelajaran berdasarkan kompetensi Asesmen Standar Internasional seperti PISA.

Kepala Seklah SMPN 1 Prabumulih, Riantini SPd MM menambahkan, setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan adanya kesamaan pemahaman tentang studi PISA dan Framework PISA 2021, Aplikasi Simulasi literasi Matematika dan Membaca siswa bisa lebih baik.

“Melalui PISA ini, didapatkan pola pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia yang memfasilitasi literasi Matematika dan Membaca siswa,” tandasnya.(05)

 

Komentar

News Feed