oleh

Dua Desa Gelar Pemilihan BPD

-Kecamatan-47 views

PRABUMULIH – Sempat tertunda karena covid-19, akhirnya pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di beberapa desa digelar.

Desa yang menggelar pemilihan BPD yakni Tanjung Telang Kecamatan Prabumulih Barat dan Rambang Senuling Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT).

“Ini pemilihan yang sempat tertunda, untuk di Rambang Senuling terpilih 5 dengan 1 diantaranya keterwakilan perempuan,” kata Kepala Dinas Pemberdyaan Masyarakat Desa (DPMD) A Fauzan Akmal SSTp MM.

Sementara untuk desa Tanjung Telang kata Fauzan, 7 anggota sudah terpilih dengan dua anggota merupakan perempuan. “Proses pemilihan sama dengan sebelumnya, untuk keterwakilan perempuan hanya dipilih oleh perempuan. Sementara perwakilan wilayah dipilih oleh warga dari dusun masing-masing,” ungkapnya.

Fauzan menuturkan, masih ada waktu 30 hari untuk menyiapkan SK (Surat Keputusan) dari Wali Kota. “Mulai dari laporan panitia ke camat, camat ke wako nanti dibuatkan SK,” ucapnya.

Lebih jauh Kabid Pemedes Fatkhan Mubina SKm MSi menyampaikan, ditahun 2020 ini masih 4 desa yang akan melangsungkan pemilihan BPD. Yakni Karangan, Muara Sungai dan Pangkul dan Karya Mulia. “Pangkul sudah habis masa jabatan BPD, mungkin sekarang lagi proses untuk tahapan tergantung kesiapan desa,” bebernya.

Pria yang sebelumnya pernah menjadi Camat Prabumulih Timur ini menuturkan, dari 12 desa hanya desa Tanjung Telang Kecamatan Prabumulih Selatan yang tak melakukan pemilihan BPD. “Tanjung Telang habis masa jabatan BPD itu Januari 2021,” tukasnya.

Sekedar mengingatkan, 5 dari 11 desa yang habis masa jabatan BPD pertengahan Februari sudah dilantik beberapa bulan lalu. Desa tersebut yakni Desa Talang Batu, Desa Kemang Tanduk, Desa Sinar Rambang, Desa Jungai dan Desa Karang Bindu.(08)

 

 

Komentar

News Feed