oleh

Dua Bulan Menjabat, Lurah Karang Jaya Diganti

PRABUMULIH – Setiap Jumat nampaknya menjadi sakral bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah kota (Pemkot). Pasalnya hari tersebut menjadi waktunya melakukan rotasi atau rolling jabatan. Seperti Jumat (30/8), sebanyak 8 pejabat eselon III dan IV kembali dilantik. Pelantikan dipimpin Sekretariat Daerah (Sekda), Elman ST MM di ruang rapat lantai 1, Gedung Pemkot.

Salah satu yang dilantik, yakni Lurah Karang Jaya yang baru dua bulan lalu dijabat Sudarman Hadi SP digantikan Agus SP yang sebelumnya pelaksana di Dinas Pertanian. “Kalau jabatan lurah hanya satu saja, pergeseran ini hasil evaluasi kita lakukan. Sesuai janji kita sebelumnya, kalau jabatan hanya sementara. Bisa kembali rolling,” ujar Elman ST kepada koran ini, Jumat (30/8).

Apalagi, kata dia, jabatan lurah menyangkut layanan publik dan harus optimal berjalan. “Pergeseran Lurah Karang Jaya, tidak hanya hasil evaluasi kita tetapi juga masukan masyarakat menjadi dasar kita melakukan pergeseran. Sesuai janji kita, pejabat dilantik harus bekerja dengan baik. Kalau tidak sesuai ketentuan dan aturan, bisa digeser kembali,” terang ayah dua anak ini.

Selain jabatan Lurah Karang Jaya, sejumlah jabatan lainnya juga terkena rolling pejabat eselon III. Antara lain ; Ir H Abu Sohib MSi (Sekdin PUPR) menjadi Sekretaris Bappeda, Juwairiah ST MM (Sekretaris Bappeda) diangkat menjadi Kabag Administrasi Pembangunan dan Layanan Pengadaan Setda, Haryadi SH MM (Kabag Administrasi Pembangunan dan Layanan Pengadaan Setda) menjadi Sekretaris PUPR.

“Lalu, Isnenar ST (Kasubsi Infrastruktur Bappeda) dimutasi sebagai Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda. Di lingkungan, Disdikbud ada tiga pejabat terkena rolling untuk kebutuhan organisasi dan struktural dinilai penting,” terangnya. Ketiga pejabat Disdik terkena rolling kali ini, yaitu Riduan SPd MSi (Kabid Dikdas Disdik) naik jabatan menjadi Sekdin, Sri Septi SPd MHum (Kabid Pembinaan SMP Disdikbud) menjadi Kabid Dikdas Disdikbud), Heryadi SPd (Kasi Kurikulum dan Penilaian Bid SMP) dipromosi Kabid Pembinaan SMP.

“Kita meminta agar Kepala OPD melakukan penilaian kinerja terhadap bawahannya, sebagai kontrol untuk meningkatkan kinerja layanan publik. Memberikan pelayanan kepada masyarakat harus optimal dan maskimal. Sehingga, dibutuhkan SDM sedemikian rupa,” tukasnya. Selain itu, kata dia, pejabat dilantik harus bisa bekerja dalam tim untuk mencapai keinginan visi misi “Prabumulih Prima Berkualitas” telah dicanangkan Ir H Ridho Yahya MM (Ridho) dan H Andriansyah Fikri SH (Fikri).

“Sudah jelas visi misi 5 tahunan, pejabat dilantik harus bisa menjabarkan rencana strategis dan kerja, untuk mewujudkan visi misi tersebut,” bebernya. Tekan Elman, perhatikan disiplin kerja dan kepatuhan diri sendiri. Pejabat dilantik, kata dia, harus memberikan contoh bagi bawahannya. “Pelantikan ini, akan terus kita evaluasi agar kinerja PNS di lingkungan Pemkot meningkat dan semakin baik,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Beny Rizal SH MH menyebutkan, kalau rolling dilakukan sudah sesuai aturan dan ketentuan. “Telah melalui pertimbangan Baperjakat, apalagi Ketuanya Pak Sekda. Dan, merupakan hal wajar dilakukan untuk peningkatan kinerja PNS di lingkungan Pemkot. Hanya pejabat kali ini rotasi,” tukasnya. Lanjutnya, evaluasi terhadap kinerja terhadap pejabat dilantik ini akan terus dilakukan, untuk mengoptimalkan pelayanan masyarakat. “Mutasi akan terus dilakukan, seiring kebutuhan organisasi dan struktural,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed