oleh

Drawing Dua Kejuaraan Sekaligus

-Olahraga-22 views

JAKARTA – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC – Asian Football Confederation) akhirnya merilis tanggal pengundian resmi untuk kejuaraan Piala Asia U16 dan U19. Pengundian akan dihelat di markas AFC, Bukit Jalil, Kualalumpur, Malaysia, Kamis (18/6) mendatang.

 

“Kami menginformasikan bahwa akan ada pengundian resmi untuk gelaran turnamen AFC U16 dan U19 yang akan diadakan hari Kamis, tanggal 18 Juni 2020. Untuk U16 akan dilakukan pukul 14.30 (waktu Malaysia). 16 negara kualifikasi dari anggota asosiasi AFC akan mengambil bagian dari turnamen tersebut di Bahrain,” tulis AFC melalui rilis medianya.

 

“Sementara untuk U19 akan dilakukan pukul 16.30 (waktu Malaysia), dengan 16 negara kualifikasi yang juga menjadi anggota asosiasi di AFC akan mengambil bagian dari turnamen tersebut di Uzbekistan,” tambahnya.

 

Dalam pelaksanaanya, pengundian akan disesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini. “Terkait situasi pandemik Covid-19 yang sedang berlangsung, pengundian ini tertutup (tidak terbuka untuk Media. Namun, kami akan menyediakan foto-foto dan press rilis dari kegiatan ini,” tulis AFC.

 

Walaupun kegiatan ini tidak bisa diikuti secara langsung, AFC menyediakan wadahnya. “Sebagai tambahan, pengundian ini dapat disaksikan dan diikuti secara langsung melalui platform digital resmi AFC dan rekanan media kami di masing-masing negara anggota,” tutupnya.

 

Di sisi lain, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri telah memaparkan koordinasi program Tim Nasional Indonesia kepada Ketua Umum, Mochamad Iriawan di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (9/6). Koordinasi dilakukan untuk hasil positif Timnas Indonesia yang akan mengikuti berbagai agenda internasional.

 

Pada kesempatan itu, hadir Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, anggota Komite Eksekutif Endri Erawan, Juni Rahman, Yoyok Sukawi, Ahmad Riyadh, Vivin Sungkono, Plt Sekjen Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Staf Khusus Leo Siegers.

 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa coach Indra Sjafri selaku Direktur Teknik PSSI memberikan berbagai update, rencana dan program setiap berbagai Timnas Indonesia.”PSSI tentu mendukung program yang terbaik untuk Timnas Indonesia apalagi tahun depan kita akan berlaga di Piala Dunia U-20. Tentu kami ingin berprestasi di setiap ajang yang diikuti. Namun kami juga harus melihat situasi masa pandemi Covid-19 untuk melakukan program Timnas terutama saat pemusatan latihan,” kata Mochamad Iriawan dalam siaran resmi PSSI, kemarin.

 

Sementara itu, Indra Sjafri mengatakan bahwa atas arahan Ketua Umum PSSI, ia melakukan pemaparan program dan rencana Timnas Indonesia seperti tim Senior, U-19, U-16, dan Wanita. “Kami paparkan berbagai rencana serta program dengan melihat situasi terkini yang masih dalam pandemi Covid-19,” kata Indra Sjafri.

 

“Untuk itu, kami dari Departemen Teknik ingin persiapan Timnas U-19 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 segera bentuk kerangka tim. Program periodesasi persiapan Timnas U-19 segera dibuat hingga event dimulai. Timnas Senior juga menjadi perhatian serius PSSI karena berhubungan dengan ranking FIFA. Pemusatan latihan jangka pendek tidak dianjurkan karena alasan kesehatan dan izin keluar masuk pemain,” tambah Indra Sjafri.

 

Selain program Timnas Indonesia, pada pertemuan ini juga dilalukan koordinasi terkait persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Dan juga laporan persiapan kompetisi lanjutan Liga 1 dan 2 2020 yang dipaparkan Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

 

Seperti diketahui, saat ini berbagai event FIFA atau AFC yang diikuti Timnas Indonesia ada yang masih sesuai jadwal dan sudah digeser jadwal pertandingannya. Namun FIFA atau AFC masih akan terus memantau perkembagan kondisi yang saat ini hampir seluruh dunia mengalami pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan mereka ingin memastikan keselamatan para pihak yang terlibat seperti pemain, pelatih, panitia pertandingan, penonton, dan lain-lainnya. Sehingga jadwal yang sudah dirilis tentu masih bisa diubah jika dalam keadaan darurat. (fin/tgr)

Komentar

News Feed