oleh

Drainase Tersumbat, Air Genangi Jalan

-Metropolis-325 views

PRABUMULIH – Hujan deras petang kemarin mengguyur sebagian Bumi Seinggok Sepemunyian.
Meski durasi hujan tak berlangsung sampai berjam-jam, namun sebagian titik terlihat digenangi air. Beberapa daerah yang digenangi air di antaranya; Kelurahan Tugu Kecil, Kelurahan Gunung Ibul, serta Kelurahan Pasar.
Ricki Syahrudin salah seorang warga RT 3 RW 1 komplek Perumahan Vinasejahtera 1 mengatakan, air sempat menggenangi lingkungannya dengan kedalaman sekitar 60 cm.
“Air dari sana turun ke sini, seharusnya memang ada drainase di sana (jalan Padat Karya) sehingga air tidak masuk atau mengalir keperkempungan,” ungkapnya.
Disampaikannya, agar air mengali masyarakat bergotong royong membersihkan gorong gorong yang tertutup oleh sampah. “Banyak sampah di dalamnya, sehingga jika tidak dibersihkan air tersumbat dan terus banjir,” ucapnya.
Sementara itu Ketua RT 2 Perumnas Vinasejahtera I Ujang mengungkapkan, selain air kiriman dari jalan Padat Karya banjir terjadi karena adanya penyumbatan karena drainse dipenuhi sampah. “Kurangnya kesadaran warga membuang sebagian sampah diparet, dan menyebabkan parit maupun gorong gorong tersumbat, dan genangan air hujan lewatnya dari jalan,” tuturnya.
Nah, untuk mengatasi banjir kemarin Ujang mengajak warganya untuk bergotong royong membersihkan sampah dialiran drainase. “Kita gotong royong, air bisa diatasi,” bebernya.
Terpisah, Ibnu warga Kelurahan Tugu kecil menyampaikan banjir akibat drainase yang tidak berfungsi. “Pembangunan drainase belum sepenuhnya mengatasi banjir, tugu kecil masih dilanda banjir. Sebenarnya hujan ini jadi berkah apalagi kemarau, tapi akhirnya jadi seperti ini banjir,” tukasnya.
Pantauan koran ini, hujan deras yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut dimanfaatkan anak-anak untuk mandi hujan. Sementara para orang tua tak henti mengucap sukur. “Alhamdulillah deras jugo, air sumur kami lah kering nian. Sudah ngambek banyu, ngungsi dengan tetanggo,” pungkas Wati dan sejumlah warga Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulh Selatan.

News Feed