oleh

Dosen Mampu Dorong Kualitas Hidup Masyarakat

//Malalui Penelitian, Penyuluhan dan Pembinaan

//Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Daerah

PALI – Dosen merupakan pendidik profesional sekaligus ilmuan yang bertugas mentransformasikan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Demikian disampaikan Dr. Saipul Annur, M.Pd saat menjadi pembicara pada kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Tenaga Pengajar di STIT Mambaul Hikam, Kabupaten Pali Sabtu (20/3/2021).

Saipul menekankan, dalam tugasnya sebagai pendidik, guru ataupun dosen memiliki tanggung jawab besar dalam menyampaikan ilmu pengetahuan secara benar kepada peserta didik. Itu kata dia, merupakan bagian terpenting dalam aktivitasnya mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada siswa atau mahasiswa.

“Dosen yang profesional haruslah memiliki minat dan komitmen dalam meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang yang disukai. Karena itu dosen haruslah meng-udpadate kompetensi dirinya sehingga dapat memberi kontribusi secara akademik,” paparnya.

Dalam bidang pendidikan lanjut Saipul, kiprah guru maupun dosen di Kabupaten Pali sangat penting. Tentunya sebagai kabupaten baru, dibutuhkan sentuhan-sentuhan pemikiran yang konstruktif dalam membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas. “Dari pendidikan berkualitaslah, maka akan melahirkan generasi penerus yang berkualitas pula,” katanya.

Dengan kehadiran STIT Mambaul Hikam, di Kabupaten Pali ini memberi arti penting bagi kemajuan dan perkembangan daerah. “Karena kahadiran para dosen sangat bearti bagi peningkatan kualitas pendidikan di Pali. Dengan penelitian kita dapat mengumpulkan semua data, informasi yang dibutuhkan untuk pengembangan Kabupaten Pali,” imbuh Saipul.

Selain itu kata pria yang kini menjabat sebagai Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) FITK UIN Raden Fatah Palembang ini, tugas profesional dosen lainnya adalah pengabdian masyarakat. Dimana para dosen dapat membantu masyarakat denan menjadi pembina, penyuluh serta tenaga ahli. Yang berujuan untuk mendorong kualitas hidup masyarakat.

“Para dosen dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah, dan perusahaan yang memiliki kepedulian dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitarnya. Dengan begitu terjalin sinergisitas antara lembaga pendidikan dengan pemerintah, masyarakat dan komponen lainnya,” pungkas Saipul.

Sementara Ketua STIT Mambaul Hikam Dr. KH. Erlin Sustri mengatakan, sebagai perguruan tinggi satu-satunya di Kabupaten Pali, STIT akan terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Salah satunya melalui kegiatan pelatihan, seminar maupun worshop.

“STIT ini berdiri dan mendapat izin sejak 2018 lalu, menjadi salah satu tujuan masyarakat dalam melanjutkan pendidikan Sarjana Program Manajemen Pandidikan Islma. Saya berterima kasih kepada para dosen yang telah memajukan STIT ini,” katanya seraya menambahkan semoga STIT Mambaul Hikam menjadi lembaga tinggi pendidikan Islam terdepan di Kabupaten Pali. (asa/01/rls)

Komentar

News Feed