oleh

Dorong Pilkades Jurdil Bermartabat

  • Cakades Gelar Deklarasi Damai

 PRABUMULIH – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Senin (18/11) mengelar deklarasi damai melibatkan Calon Kepala Desa (Cakades) di tiga desa melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kota Nanas ini. Setidaknya ada 10 cakades diikuti Pilkades, meliputi; Muara Sungai, Karya Mulia, dan Pangkul.

Sekretaris Daerah (Setda), Elman ST MM menerangkan, deklarasi damai dalam rangka mewujudkan Pilkades jujur adil (Jurdil) dan bermartabat.

“Deklarasi damai ini juga antisipasi konflik terjadi selama proses demokrasi atau pilkades,” ujar Elman ketika menyampaikan sambutannya di sela-sela deklarasi damai Cakades Pilkades di Ruang Rapat Lantai 1, Gedung Pemkot, Senin (18/11).

Ungkapnya, dinamika pelaksanaan demokrasi semakin baik. Apalagi, kedaulatan rakyat memang ada ditangan masyarakat, dan tidak bisa dipungkiri. “Makanya, Pilkades jurdil dan bermartabat dipelihara dengan baik. Jangan menimbulkan konflik. Terima proses demokrasi, apa adanya,”jelas ayah dua anak ini.

Menurutnya, menang kalah dalam sebuah proses demokrasi hal biasa. Makanya, diharapkan proses demokrasi di tiga desa menyelenggarakan Pilkades berjalan sesuai harapan.

“Ajak semuanya mendukung dan menyukseskan Pilkades. Ciptakan Pilkades aman dan damai, karena semua keluarga. Guna membangu Kota Nanas ini,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala DPMD, A Fauzan Akmal SH MSi menerangkan, deklarasi damai sengaja diselenggarakan sebagai wujud komitmen bersama untuk menyukseskan Pilkades di tiga desa.

“Agar Pilkades berjalan sesuai dengan azas Luber (Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia),” akunya.

Dia membeberkan, kalau jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 6.705 orang. Meliputi; Muara Sungai sebanyak 1.795 orang, Karya Mulia sebanyak 1.868 orang, dan Pangkul 3.042 orang.

“Pemungutan suara bakal dilakukan pada 30 November mendatang. Penetapan mulai 1 Desember hingga 7 Desember,” pungkasnya.

Salah satu Cakades Pangkul, Aman Usri mengatakan, mendukung deklarasi damai guna menyukseskan Pilkades. “Namanya juga bertarung ada menang dan kalah, sebagai Cakades yah harus siap menang dan kalah,” tukasnya.

Informasi dihimpun koran ini, Pilkades Karya Mulia bersaing 5 calon. Antara lain; Sugeng, Lagiyanto, Suana, Mika, dan Miril Firacha. Lalu, Pilkades Muara Sungai 3 calon. Yaitu; Lidar Yadi, Fahrul, dan Redi. Terakhir, Pilkades Pangkul. Terdiri dari; Aman Usri dan Zakaria Yadi. (03)

 

Komentar

News Feed