oleh

Dorong Pendapatan Petani

-Sumsel-324 views

MARTAPURA – Guna meningkatkan pendapatan petani, tak hanya meningkatkan produksi komoditas semata. Melainkan ada hal yang sangat penting yang harus dicari solusinya. Yakni, sisi jaminan pasar. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) OKUT, Jumadi, S.Sos kemarin.

Ia mengatakan, pemberian bantuan sangat penting. Petani tentunya sangat berharap. “Tapi jangan lupa, kita juga harus mencari kemana akan dijual hasil komoditas petani tersebut,” katanya. Jangan sampai, petani giat meningkatkan produksi komoditas pertaniannya, tapi susah dalam hal pemasaran.

“Petani juga menginginkan jaminan pasar dan jaminan harga. Artinya apa, jangan sampai saat petani panen harga turun. Misalnya saja komoditas jagung, padi, kopi dan sebagainya malah turun harga disaat petani panen besar,” terangnya.

Saat ini Pemkab OKUT tengah melakukan penjajakan ke berbagai perusahaan untuk dapat bekerja sama. Yakni bersedia menampung hasil pertanian petani OKUT.

“Komoditasnya kami serahkan kepada petani apa yang cocok. Kita akan cari perusahaan atau sektor swasta untuk dapat memberi jaminan harga,” katanya.
Dengan adanya sinergisitas ini, maka petani juga akan terbantu dan tidak merugi. Sisi lain pemerintah pun akan terus mendorong peningkatan produksi dengan bantuan benih unggul.

“Kita ketahui bahwa OKUT ini adalah daerah penghasil pangan, dan komuditas lainnya seperti sayuran, kakao, kopi, jangan hingga buah-buahan,” tambahnya. (asa)

News Feed