oleh

Dongkrak PAD, Permudah Perizinan

-Metropolis-23 views

PRABUMULIH – Mendongkrak peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya dari sektor perizinan. Pemerintah kota (Pemkot) mengelar rapat monitoring evaluasi perizinan bagi pelaku usaha di Ruang Rapat Lantai 1, Gedung Pemkot, Rabu (6/1/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST MM menekankan salah satu cara meningkatkan pendapatan dari sektor perizinan yaitu mempermudah pelayanan kepada pelaku usaha.

“Harus kita permudah, dan jangan dipersulit. Sehingga, masyarakat tak sungkan mengurus izin bagi usahanya,” ujar Elman, sapaan akrabnya ketika memimpin rapat.

Lalu, ia juga mendorong pembentukan tim untuk melakukan pendataan pelaku usaha di Kota Nanas ini. Dalam rangka pemetaan perizinan khususnya jenis pelaku usaha sehingga diharapkan bisa meningkatkan PAD.

“Bentuk tim teknis, melibatkan pihak terkait. Dalam rangka pemetaan pelaku usaha, sehingga bisa diketahui pelaku usaha mana belum atau tidak memiliki izin,” beber Mantan Kepala Bappeda.

Sambung Mantan Direktur PDAM Tirta Prabu Jaya ini, jangan sampai pelaku usaha besar tidak punya izin. Malah sebaliknya, hanya pelaku usaha kecil saja terdata dan mengurus perizinan.

“Kejar pelaku usaha besar tersebut, sehingga mendorong mengoptimalkan PAD. Karena, potensinya masih besar,” tukas ayah di dua anak ini.

Terpisah, Asisten I, Drs Aris Priadi SH MSi tidak memungkiri kalau selama ini PAD Prabumulih memang belum optimal.

“Dengan adanya rapat ini, diharapkan semuanya bergerak dalam rangka mengoptimalkan PAD untuk dana pembangunan di Kota Nanas ini,” sebut Aris.

Mantan Kepala DPMD ini menyebutkan, data pemetaan jenis pelaku usaha sangat penting sebagai landasan dalam peningkatan PAD. “Jadi kita tahu, berapa banyak pelaku usaha di Prabumulih dan jumlah pendapatan dan retribusi bisa dipungut dan masuk kas daerah (Kasda),” tukasnya. (03)

Komentar

News Feed