oleh

Disdukcapil Diserbu Calon Pelamar TNI Polri

-Kecamatan-18 views

PRABUMULIH – Kantor Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil), diserbu warga yang hendak mengurus legalisir dokumen penduduk.

Kepala Disdukcapil Haryadi SH MM melalui Kabid Pelayanan Catatan Sipil Rivan Iswandi SE mengatakan, ramainya permohonan legalisir sejak dibukanya pendaftaran TNI Polri. “Yang banyak datang legalisir itu calon pelamar TNI Polri, karena ada persyaratan yang harus melegalisir dokumen penduduk seperti KK dan akta,” kata Rivan pada Senin (24/8/2020).

Disinggung terkait dokumen yang tak lagi perlu dilegalisir khusus bagi dokumen yang diterbitkan sejak Juli, apakah sudah berlaku. Rivan mengatakan, hal itu sudah berlaku. Hanya saja, khusus untuk pendaftaran TNI Polri masih membutuhkan legalisir. “Sebetulnya sudah berlaku, yang dicetak menggunakan barcode atau ada tanda tangan elektronik (TTE) tak perlu legalisir. Tapi ada institusi yang tetap harus ada legalisir,” imbuhnya.

Nah, selain ramai dikunjungi calon pelamar TNI Polri. Capil juga ramai didatangi warga yang mengurus dokumen seperti pencetakan akte, kk dan lainnya. “Karena kan beberapa hari lalu libur beberapa hari, jadi warga ramai di hari Senin,” tuturnya.

Sementara Kasi Pencatatan Kelahiran Ahmad Ricky SSos menambahkan, pelayanan disdukcapil tetap menerapkan protokol kesehatan (protkes). “Yang legalisir akte, warga yang berurusan dengan admin yang ada di depan, dan mereka yang mengantarkan jadi tidak ada kontak langsung,” tuturnya.

Andi salah satu calon pelamar Polri mengaku, mendatangi Capil memang untuk melegalisir dokumen. “Syaratnya harus legalisir, jadi datang kesini ternyata ramai juga yang legalisir,” ucapnya.

Pantauan koran ini, akibat ramainya warga yang berurusan disdukcapil membatasi pengunjung yang masuk ke ruang tunggu. Hal itu dilakukan, untuk menghindari adanya penumpukan. “Kursi sudah diatur jarak, yang duduk harus sesuai dengan yang tersedia bila sudha cukup dibatasi. Setelah ada yang keluar, baru yang diluar masuk. Harus antri,” ungkap sejumlah pegawai capil.(08)

 

Komentar

News Feed