oleh

Disdik Provinsi Cek MPLS. Buntut dari Meninggalnya Siswa Taruna Nusantara

-Pendidikan-100 views

PRABUMULIH – Meninggalnya peserta didik baru di SMA Taruna Nusantara Palembang, memberikan pembelajaran yang sangat berharga untuk seluruh peserta didik baru di SMA Kota Prabumulih. Bahkan, karena kejadian tersebut para pejabat di lingkungan pendidik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan, dikirim ke beberapa daerah untuk mengecek pelaksanaan masa perkenalan lingkungan sekolah di seluruh SMA dan SMK yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Salah satunya adalah Kasi kurikulum Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, DR Arwan MPdI. Dalam kehadiran di SMAN 1 Prabumulih menjadi pemateri di acara MPLS di SMAN 1 Prabumulih. Menurutnya, kejadian di Taruna Nusantara belum lama ini memang memberikan kesan yang sangat menghawatirkan orang tua dan para guru. Apalagi saat ini masih dalam suasana MPLS yang dulu terkenal dengan masa orientasi siswa (MOS).

“Karena itu kita selain mengisi materi saat masa mpls juga mengajak agar pihak sekolah mengisi kegiatan MPLS dengan kegiatan yang bermanfaat, sistem Ploncoan menggunakan kalung petai, cabe dan yang aneh aneh itu tidak ada manfaatnya, jadi untuk apa dilakukan,”jelasnya.

Arwan Mengatakan, kegiatan MPLS hendak disesuaikan dengan petunjuk Tekhnik dan petunjuk pelaksanaan yang diatur dalam Permendikbud no 6 tahun 2018. “Masa perkenalan lingkungan sekolah di tingkat SMA Kota Prabumulih hanya sebatas pengisian materi perkenalan lingkungan sekolah serta memperkenalkan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Berikanlah aktivitas kepada siswa yang nyaman dan asyik Sehingga siswa betah disekolah,”tandasnya saat dibincangi usai Mengisi materi MPLS di SMAN 1 Prabumulih.

Sementara Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Prabumulih, Freni Listiyan SPd MSi mengatakan di SMAN 1 Kota Prabumulih sudah tidak ada lagi yang menggunakan sistem Ploncoan. Yang terpenting dalam kegiatan MPLS adalah meningkatkan penguatan pendidikan karakter siswa.

“Kalau Kegiatan baris berbaris, upacara dan game itu biasa dalam MPLS. Jangan sampai main fisik yang berlebihan. Perkenalkan Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah pada siswa baru. Sehingga mereka tertarik untuk kegiatan disekolah sesuai dengan minat dan bakat Masing-masing siswa,”tandasnya dihari terakhir Pelaksanaan MPLS.(05)

Komentar

News Feed