oleh

Diringkus Sedang Asyik Nyabu, Resedivis Kambuhan Keno Dor

-Ringkus-48 views

PRABUMULIH – Kasus pembobolan Toko Sinar Baru Elektronik di Jalan Sudirman RT 01/RW 01 Kelurahan Pasar Prabumulih, Kecamatan Prabumulih Barat dilaporkan pada 27 Juli lalu tercantum dalam LP/B- 36 / VII / 2019 / Sumsel / Pbm / Sek Pbm Barat berhasil diungkap Tim Opsnal Polsek Prabumulih Barat.

Tersangkanya, Hendri Dinata (44), warga Jalan Arimbi No 55 RT 01/RW 01 Kelurahan Prabu Jaya, Kecamatan Prabumulih Timur berhasil diringkus. Bahkan, dihadiah timah panas alias kena dor pada kaki kanannya. Karena, berusaha kabur ketika pengembang kasus menjeratnya. Hendri sendiri diringkus petugas pada Minggu (4/8), sekitar pukul 17.00 WIB di rumahnya. Setelah petugas dipimpin Kanit Reskrim, Ipda Darmawan SH melakukan lidik dan informasi.

Setelah akurat, petugas pun mendatangi rumah tersangka dan melakukan pengerbekan atas kasus disangkakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan (curat). Beruntungnya, ketika diringkus dirumahnya ternyata tersangka tengah asyik nyabu. Petugas pun, tidak hanya mengamankan tersangka saja. Tetapi, barang bukti (BB) bong juga disita.

Selanjutnya, kasus tersebut dikembangkan. Informasinya ada tersangka lain ikut dalam pembobolan Toko Sinar Baru Elektronik tersebut. Ketika dalam perjalanan menunjukkan tersangka berinisial, UJ sedang berada dirumahnya. Tetapi sayang, ketika dilakukan pengerbekan UJ tidak ada di rumah. Petugas hanya mengamankan sejumlah barang bukti hasil curian saja, lalu dikembangkan kasus. Saat berada di Jalan Gunung Ibul, tersangka Hendri berupaya kabur.

Sebelum menghadiahnya timah panas, petugas sudah memberikan tembakan peringatan sebanyak 3 kali. Namun, tidak diindahkan, kemudian anggota langsung mengambil tindakan tegas dan terukur dengan menembak sebanyak 2 kali ke arah kaki tersangka hingga akhirnya tersungkur tidak berkutik. Berhasil ditangkap, tersangka dibawah ke RSUD untuk dilakukan pengobatan dan langsung diamankan kepolsek prabumulih barat untuk menjalani proses hukum atas kejahatannya tersebut.

Dari tangan tersangka sendiri diamankan alat hisap narkoba sabu, 1 buah HP Advance dan 1 buah Kamera Handycam. Dan, telah diamankan disita petugas sebagai barang bukti menjerat tersangka. Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH dikonfirmasi melalui Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Murzal Mahdi SE MM membenarkan pengungkapan kasus pembobolan Toko Sinar Baru Elektronik tersebut.

“Tersangkanya, Hendri Dinata sudah kita amankan di Mapolsek. Terpaksa kita tembak kaki kanannya, karena pengembangan tersangka berupaya kabur,” tukas Murzal. Lanjutnya, kasus ini sendiri masih terus dikembangkan. Lantaran, masih ada satu tersangka, UJ diduga terlibat aksi curat tersebut kini DPO alias buron.

“Tersangka Hendri Dinata sendiri, kita jerat dengan Pasal 363 KUHP tentang curat dengan ancaman pidana diatas 7 tahun penjara. Nantinya, bisa juga dikenakan UU No 35/2009 tentang Narkotika dan Psikotropika. Ancamannya diatas 5 tahun penjara,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed