oleh

Dinilai Layak Sandang Predikat Kota Sehat

PRABUMULIH – Dengan berbagai program telah dilakukan Pemerintah kota (Pemkot), Prabumulih dinilai sudah layak menyandang predikat Kota Sehat.

Hal itu ditegaskan Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM ketika dikonfirmasi sejumlah awak media, belum lama ini. “Guna mewujudkan Prabumulih, sebagai Kota Sehat. Sebelumnya, Pemerintah kota (Pemkot) telah bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri). Tetapi, keburu pandemi Covid-19 terjadi,” ujar Ridho, sapaan akrabnya, beberapa waktu lalu.

Ungkap suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini, program Pemkot guna mendukung Kota Sehat. Yaitu, 100 persen bebas BAB sembarang atau ODF.

“Lalu, penyediaan rumah layak huni alias rumah kota sudah mulai habis. Termasuk, menolak tambang juga demikian. Kota Sehat, banyak parameternya. Dan, saya rasa sudah memenuhi dan sudah layak untuk menerima predikat Kota Sehat,” jelas ayah tiga anak ini.

Sekarang ini, Pemkot sendiri melalui Dinas atau OPD terkait tengah mempersiapkan, berkas untuk mengikuti penilaian atau verifikasi Kota Sehat pada 2021 ini.

“Kita butuh dukungan OPD terkait, guna melengkapi berkas dan tim verifikasi turun. Sehingga, Kota Sehat bisa diwujudkan di Prabumulih,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Joko Listiano SKM.

Sambungnya, persiapan verifikasi Kota Sehat sudah mencapai 35 persen. Dan, berkas Kota Sehat ini Maret sudah masuk ke tim penilai. “Sehingga, pertengahan tahun bisa dilakukan verifikasi dan penilaian. Target kita, bisa meraih predikat Wiwerda atau penghargaan tingkat II,” tandasnya. (03)

Komentar

News Feed