oleh

Di Perbatasan, Jalan Rusak Belum Kunjung Diperbaiki

-Sumsel-256 views

MARTAPURA – Jalan poros di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), tepatnya di Desa Persiapan Harapan Makmur, Kecamatan Semendawai Timur kondisinya rusak parah. Bahkan, berdampak pada perekonomian warga. Hingga kini belum ada upaya perbaikan dari instansi terkait.

Pantauan OKUTIMUR POS (Sumeks, red), jalan poros sudah banyak yang berlubang sepanjang satu kilo meter. Karena itu kendaraan sulit untuk melintas, baik itu roda empat maupun kendaraan roda dua.

“Hampir tiap hari kendaraan truk pengangkut getah karet terjebak di poros jalan. Ini juga yang menyebabkan harga karet semakin murah sampai di bawah Rp 8000,” kata Said (50), warga setempat.

Hal senada diungkapkan Herman (41 ) pedagangan sembako. Menurutnya ia sangat kesulitan melintasi jalan tersebut saat mau belanja baran ke pasar Tugu Mulyo Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI.

“Saya tiap hari keluar masuk melewati jalan itu dengan membawa barang belanjaan. Tiap hari pula saya hampir terjatuh saat melintasi jalan yang belubang diruas jalan poros di desa Harapan Makmur tersebut,” ujar Herman mengeluh.

Sementara, saat dikomfirmasi Sukirtina PJS Desa Persiapan Harapan Makmur mengatakan, sudah sering perangkat dan warganya melakukan gotong royong untuk memperbaiki jalan, namun tetap saja rusak parah.

“Setiap hari dilewati mobil truk pengangkut getah karet yang beratnya 4 hingga 5 ton, sedangkan jalan belum dilakukan pengecoran,” ungkapnya.

Karena itu dirinya selaku Pjs Kades berharap kepada pemerintah daerah OKU Timur melakukan perbaikan jalan poros ini secepat mungkin. Sebab jalan ini akses satu – Satunya warga untuk mengeluarkan hasil bumi mereka dan menjadi urat nadi akses perekonomian warga di 4 desa di wilayah perbatasan. ( dira/sg)

News Feed