oleh

Di Lahat, Harga Cabai Masih Aman

-Sumsel-376 views

LAHAT – Dinas Pertanian Kabupaten Lahat kini tengah fokus memonitoring kestabilan harga cabai merah di Kabupaten Lahat. Monitoring salah satunya dilakukan di Desa Pandan Arang Ilir, Kecamatan Tanjung Tebat yang merupakan salah satu sentra cabai merah di Kabupaten Lahat Rabu (30/1)

Kepala Dinas Pertanian Ir H Agustia Budiman melalui Kabid Tanaman Pangan, A Firdaus SP MMA mengatakan bahwa pihaknya melakukan monitoring kepada kelompok tani cabe merah yang baru panen.

“Hari ini (Selasa), baik Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan UPTD Dinas Pertanian, secara langsung melakukan monitoring kepada kelompok tani di Kecamatan Tanjung Tebat, yang kebetulan emang lagi panen cabe merah” Ungkapnya

Ia mengatakan berdasarkan hasil monitoring harga, Cabe merah relatif stabil yakni berkisaran Rp 18 ribu/Kg.

“Harganya relatif stabil berdasarkan monitoring pihak kami, yakni harga berkisaran Rp 17 Ribu hingga Rp 18 Ribu, jika di jual oleh petani dengan partai besar kepada pedagang” akuinya.

Selanjutnya, Ia mengungkapkan, cuaca yang tidak menentu juga berpengaruh pada harga cabe merah di beberapa daerah.

“Karena perubahan musim bisa berdampak juga pada gagal panen atau busuk pada cabe merah, dan ada juga petani yang banyak panen” Ujarnya

Pihaknya juga menyarankan kepada petani cabe merah, agar dalam bercocok tanam dapat memilih waktu yang tepat.

“Petani harus lebih pintar pintar dalam memilih komoditi yang akan ditanam, serta timming waktu tanam yang pas, agar dapat mengetahui harga bagus saat panen” Ujarnya

Menurutnya, dari hasil monitoring pihaknya juga, bahwa stok cabe merah di Kabupaten Lahat hingga saat ini lumayan banyak.

“Berdasarkan pantauan kami juga dilapangan, bahwa pasokan cabe merah di Kabupaten Lahat aman dan terkendali” Ujarnya(Mg03)

News Feed