oleh

Di Bawah Rp 400 Juta BPHTB Gratis

-Kecamatan-271 views

PRABUMULIH – Wali Kota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM sendiri mewacanakan, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTBB) yang nilainya di bawah Rp 400 juta bakal digratiskan.

Rencana itu akan dimatangkan bersama DPRD. Sehingga, kebijakan yang diambil tepat alias tidak salah. Dan juga, punya dasar hukum yang jelas. Apakah cukup hanya peraturan wali kota (perwako), atau peraturan daerah (perda).

“Langkah tersebut, menjawab keluhan masyarakat dan juga mendorong masyarakat untuk mensertifikatkan tanahnya. Sekaligus, membantu meringankan beban masyarakat,” ujar Ridho sapaan akrabnya, kemarin (17/11).

Meski, diakuinya berdampak pada realisasi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) yang dikumpulkan pihaknya. Tetapi, menurutnya itu sebanding dengan niat membantu dan minat masyarakat melegalisasi tanahnya.

“Sehingga, warga bisa mendapatkan sertifikat secara gratis. Karena, biaya BPHTB-nya sudah kita turunkan. Selain itu, tertib administrasi. Masyarakat miskin, karena tanah sudah punya sertifikat. Ke depannya, punya jaminan untuk bank jika ingin memulai usahanya,” kata dia.

Apalagi, menurutnya setiap tahunnya Badan Pertanahan Negara (BPN) meluncurkan program nasional dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara gratis, untuk membantu masyarakat mensertifikatkan tanahnya.

“Jelas akan sangat terbantu masyarakat, meringankan biaya BPHTB untuk pembuatan sertifikat,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD, HM Daud Rotasi SSos mengatakan, segala kebijakan untuk masyarakat. Pihaknya akan mendukung dan setuju, meski PAD menurun. Apalagi, tujuannya untuk membantu meringan beban masyarakat dalam kondisi serba sulit. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mensertifikatkan tanahnya.

“Rencana Pemkot tersebut, akan kita komunikasikan bersama. Apakah hanya cukup Perwako ataukan perlu Perda. Yang jelas, digratiskannya BPHTB dibawah Rp 400 juta sangat membantu masyarakat membuar sertifikat tanahnya,” tandasnya. (06)

News Feed