oleh

Deteksi Kanker Serviks Dinkes Gandeng PKK

-Kesehatan-33 views

PRABUMULIH – Tes IVA sebagai deteksi dini penyakit kanker serviks, tak hanya dilakukan beberapa kelurahan namun di 37 kelurahan desa.

“Seluruh kelurahan ada pemeriksaan IVA, tidak hanya dikelurahan tertentu,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo Sumali MPh, melalui Sekertaris dr Hj Hesti W Mars MM.

dr Hesti mengatakan, dalam pemeriksaan tersebut tim dari dinas kesehatan menggandeng PKK kota Prabumulih. “Jadi dinkes bekerjasama dengan TP PKK, setiap kelurahan desa selain ada tim kesehatan selalu didampingi PKK,” ujarnya.

Ia menyampaikan, pemeriksaan tes IVA penting bagi kaum hawa terutama yang sudah menikah. “Karena kalau periksa akan diketahui ada ganguan atau tidak, kalau ada itu bisa diobati cepat. Sementara bila terlambat tentu berbahaya,” jelasnya.

Karena itulah, ibu dua anak ini mengajak ibu-ibu untuk mengikuti program pemeriksaan IVA. “Program ini juga gratis,” tukasnya.

Sementara itu kemarin, pemeriksaan IVA keliling digelar di Kelurahan Majasari. Pemeriksaan dilakukan di Poskeskel Kelurahan. Dalam pemeriksaan tersebut 96 peserta periksa di poskeskel.

Untuk hasilnya, semua peserta dinyatakan sehat. Hanya saja beberapa diantaranya mengalami erosi dan keputihan pada bagian kewanitaan. “Tadi sempat cemas tapi alhamdulillah bagus, cumo keputihan bae,” ungkap salah satu warga usai melakukan pemeriksaan.(08)

Komentar

News Feed