oleh

Desain Poster FLS2N Gunakan Komputer

PRABUMULIH – Mulai tahun ini pelaksanaan lomba desain poster dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), menggunakan komputer atau berbasis digital. Hal ini merupakan sesuatu yang baru yang tentunya belum terbiasa di dalam kehidupan para pelajar SMP. Apalagi saat ini dalam kurikulum 2013 Informasi dan Teknologi (IT), tidak lagi masuk dalam mata pelajaran. Bahkan dalam muatan lokal sekalipun. Karena itu wajar saja jika para peserta yang ikut dalam kompetisi ini sangat sedikit.

Hal ini setidaknya seperti dituturkan oleh salah seorang dewan juri desain poster digital, Sang Sungkawa yang sempat Dibincangi koran ini disela pelaksanakan Lomba yang dilangsungkan di ruang laboratorium SMPN 3 Prabumulih. “Untuk meningkatkan minat dan bakat para siswa tersebut, perlu diapresiasi. Tanpa apresiasi minat dan bakat maka akan hilang. Padahal jika diberikan gambaran, kalau seniman punya masa depan yang bagus tentunya akan banyak peminatnya,”jelasnya.

Selain itu, untuk mendapatkan penghargaan atau mendapatkan apresiasi tentunya juga perlu wawasan dan kemahiran yang selalu diasah, karena itu perlu Pembinaan yang secara tersu menerus untuk menggali potensi minat dan bakat para siswa, begitu juga dengan minat dan bakat untuk mengelola desain poster menggunakan aplikasi Photoshop yang saat ini sedang dipertandingkan.

“Tahun tahun sebelumnya desain poster cukup melukis Secara manual, namun zaman makin canggih. Dan para pelajar heua mengikuti perkembangan tersebut. Apalagi event FLS2N udah terprogram setiap tahun, karena itu mudah mudaha kedepan seniman Kota prabumulih menjadi lebih baik, ,”harapnya yang didampingi juri lainnya, Ririn gusria.

Diketahui dari lebih dari 20 SMP yang ada di Kota Prabumulih, haanya ada 7 perwakilan sekolah yang mengirim peserta lomba desain poster digital. Dalam penilaian berbwda dengan dewain poster manual. Kriteria penilaian desain poster FLS2N mulai dari ide sudah dinilai, desain, estetika, rekayasa digital dan dampak dari hasil karya.

“Memang sering main komputer, utak-atik dari rumah, karna di sekolah jarang. Alhamdulillah bangga bisa menjadi juara,” kata Adel peraih juara desain poster digital dari SMPN 2 Prabumulih.(05)

Komentar

News Feed