oleh

Denda Sesuaikan dengan Pergub

-Metropolis-11 views

PRABUMULIH – Denda bagi warga tak menggunakan masker yang akan diterapkan, dinilai salah satu langkah untuk menerapkan protokol kesehatan.

Untuk besaran denda, sejumlah pihak berharap dengan jumlah besar sehingga memberikan efek jera bagi masyarakat. Namun ada pula yang minta denda tidak memberatkan. “Kalau denda besak, mungkin warga jadi lebih patuh. Tiap keluar pake masker,” kata Cahyani.

Wakil Ketua I H Ahmad Palo SE, dikonfirmasi mengutarakan untuk penerapan denda bagi warga yang tak menggunakan masker harus menyesuaikan dengan Peraturan Gubernur (pergub).

Dimana dalam pergub tersebut besaran denda yang diberlakukan yakni denda terendah Rp100 ribu dan tertinggi Rp500 ribu. “Paling tidak kita sesuaikan, kalau terlalu besar juga kasian dengan warga,” kata Ahmad Palo, Senin (10/8/2020).

Pada dasarnya kata Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, penerapan denda yang diikuti perwako (peraturan walikota) nantinya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengunakan masker. “Sebetulnya bukan dendanya yang diharapkan, tapi kepatuhan kesadaran masyarakat nanti jadi makin tinggi,” ujarnya.

Selain penerapan denda lanjut pencinta bonsai ini, sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah kota menjadi hal yang tak kalah penting. Dengan begitu akan memberikan pengertian kepada masyarakat, agar tidak terpapar covid sehingga tak membuat Kota Prabumulih menyandang status Zona oranye hingga merah.

“Harus diawali dari pemerintah, harus gencar mengingatkan kembali masyarakat kalau tidak patuh inilah kejadian, yang awalnya zona hijau jadi berubah,” tukasnya.

Seperti diberitakan Senin (9/8/2020), untuk menekan penyebaran covid akibat ulah masyarakat yang lalai dengan tak mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih akan menyebarkan Surat Edaran (SE) dari gubernur Sumsel terkait denda bagi warga tak patuh protkes.

Terkait SE tersebut, Pemkot melalui dinas kesehatan mulai menyusun draft perwako, termasuk juga mengatur denda yang harus dibayar oleh masyarakat yang tak menggunakan masker. (08)

 

 

Komentar

News Feed