oleh

Demo Mahasiswa Kondusif

Dikawal Ratusan Personel

PRABUMULIH –Sejak pagi, Senin (30/9) sudah bersiaga dan standby di Lapangan Sepakbola Eks Mapolsek Prabumulih Timur. Tak lain mengawal aksi demo damai mahasiswa Kota Nanas ini ke DPRD, guna menyampaikan aspirasinya menolak RUU KPK dan RUU KUHP.

Wakapolres, Kompol Harris Batara SIk didampingi Kabag Ops, Kompol Agus Slamet mengatakan, mengawal aksi demo damai tersebut melakukan long march dari titik kumpul di depan Lapangan Sepakbola Eks Mapolsek Prabumulih Timur hingga ke Gedung DPRD.

Kata dia, Polres Prabumulih mengerahkan 200-an personel gabungan dari seluruh satuan dan fungsi (Satfung). Meliputi; Sat Shabara, Sat Intelkam, Satlantas, Satreskrim, Satreskrim, Satres Narkoba, Bag Ops, dan lainnya.

“Pengawalan aksi demo damai ini, sengaja kita temukan personel mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan dan gangguan kamtibmas. Khususnya, para mahasiswa dalam menyalurkan aspirasinya ke Gedung DPRD,” ujarnya kepada awak media, Senin (30/9).

Lanjutnya, tidak hanya mengawal dari titik kumpul ke Gedung DPRD. Di Gedung DPRD, juga telah disiagakan ratusan personel pengamanan.

“Harapan kita, aksi demo ini benar-benar damai dan berlangsung lancar dan aman. Dan, tidak ada gangguan dan kerawanan,” bebernya.

Lanjutnya, aksi demo damai mahasiswa ini juga diback up personel Polsek Prabumulih Timur dan Polsek Prabumulih Barat sebagai lokasi aksi tersebut.

“Kita juga diback up personel Polsek, mengamankan dan mengawal aksi demo damai tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Kasat Intelkam, AKP Aan Sumardi SE MM melalui KBO Intelkam Ipda Fadli SH menerangkan, kalau dari surat masuk. Informasinya aksi demo damai mahasiswa ini, diikuti sekitar 100-an orang.

“Iya, informasi awal kita terima. Ada sekitar 100 mahasiswa ikut demo, baik dari STEI Al Furqon, YPP, dan lainnya,” tukasnya.

Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudarmaya SH SIk MH menambahkan, aksi demo damai berlangsung lancar dan aman. Hal-hal tidak diinginkan, kata dia bisa dicegah. Tidak seperti terjadi sejumlah kota di negara ini, berlangsung anarkis dan konflik.

“Demo penyampaian aspirasi mahasiswa berlangsung aman dan lancar, tidak ada hambatan dan rintangan,” tandasnya.

Bahkan, hingga bertemu dengan perwakilan DPRD. Kata dia, pihaknya melakukan pendampingan. “Kita juga mendapatkan ucapan terima kasih dari adik-adik mahasiswa, karena telah mengamankan demo dengan baik,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed