oleh

Delapan Kasus DBD di RKT

-Kecamatan-12 views

RKT –  Sepanjang tahun 2020, terdapat 8 kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Puskesmas Tanjung Rambang Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT).

Kasus DBD tersebut, tersebar di 7 desa yang ada di Kecamatan RKT. Dimana kasus terbanyak ada di Desa Karya Mulia,

“Paling banyak kasus itu di bulan Februari, yakni 3 kasus yang menyerang warga Desa Jungai dan Karya Mulia,” kata Kepala Puskesmas Tanjung Rambang Dewi Yuliani SST MSI, Senin (28/12/2020).

Sedangkan untuk bulan Januari, April dan Agustus kata Dewi hanya terjadi masing-masing 1 kasus. “Yakni di desa Kemang Tanduk, April dan Agustus kasus ada di Karya Mulia,” bbernya menambahkan untuk bulan Maret terdapat 2 kasus yakni di Kemang Tanduk dan Karang Bindu.

Sementara di bulan September – Desember ini lanjut dia, belum terjadi kasus penyakit DBD yang menyerang warga. “Alhamdulillah selama 4 bulan, nol kasus DBD di wilayah Puskesmas Tanjung Rambang,” ucapnya.

Dewi mengutarakan, upaya mencegahan DBD terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas. Dimana, tim puskesmas menurunkan tim pemeriksaan jentik berkala ke rumah warga di wilayah kerja puskesmas. “Kita berikan penyuluhan, tentang pencegahan dan bahaya penyakit DBD kepada masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, selain edukasi dan pemeriksaan jentik berkala. Puskesmas juga membagikan bubuk abate kepada warga. “Bubuk itu kami bagikan gratis, ditabur ke bak atau tong berisi air. Dengan tujuan membasmi jentik nyamuk,” tukasnya yang tetap mengajak masyarakat menjaga kebersihan dan menggalakkan 3 M Plus.

Terpisah Kepala Desa Sinar Rambang Indarqo menyampaikan, upaya pencegahan DBD di desanya dilakukan salah satunya dengan menggalakkan gotong royong bersama masyarakat. “Termasuk tempat ibadah kami bersihkan, lahan-lahan yang dipenuhi semak disekitar pemukiman juga dibersihkan,” pungkas Indarqo.(08)

Komentar

News Feed