oleh

DD Tiga Desa Diawasi Ketat

PRABUMULIH – Pelaksanaan Dana Desa (DD)Tiga desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak, mendapat pengawasan khusus dari Pemerintah Kota.

Hal itu dikarenakan, tiga kepala desa mengikuti pilkades periode 2019-2024. Sementara dua desa yakni desa Karya Mulia dan desa Muara Sungai kepala desa yang belum habis masa jabatan kembali mencalonkan diri.

“Jadi harus cuti, dan sementara dijabat oleh pelaksana harian yang sudah ditunjuk setelah mereka cuti. Sementara untuk Kepala Desa Pangkul memang telah dijabat sementara karena masa jabatan kades sebelumnya telah lama habis,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Akhmad Fauzan A SSTp melalui Kabid Pemerintah Desa Fatkhan Mubina SKm MSi Kamis (21/11).

Pengawasan tersebut kata Fatkhan, diantaranya dengan menyurati pihak Kecamatan. “Kecamatan setempat untuk melakukan pengawasan lebih melekat. Dan kami (DPMD) juga ada pemantauan khusus,” terang pria yang sebelumnya menjabat Lurah Kelurahan Karang Raja Kecamatan Prabumulih Timur ini.

Nah, disinggung terkait pelaksanaan DD. Fatkhan mengatakan saat ini DD dimasing-masing desa sudah memasuki tahap III. “Untuk tahap II semua sudah selesai,” tukasnya.

Pengawasan tersebut mendapat dukungan dari masyarakat, apalagi dengan adanya pergantian kepala pemerintah desa dikhawatirkan akan membuat pelaksanaan DD terhambat. “Ini sudah mendekati akhir tahun, takutnyo kades sementara malah idak menjalankan tugas sehingga DD jadi terhambat,” ungkap Gusti salah satu warga.

Anggota DPRD Komisi I Deliani SPd menilai, langkah dari DPMD sudah sangat tepat. “Kalau memang itu sesuai aturan, ya harus,” ucapnya singkat.(08)

 

 

Komentar

News Feed