oleh

Darmin : Yang Berbuat Harus Bertanggung Jawab

-Pendidikan-57 views

SUDIRMAN – Terkait beredarnya informasi mengenai pencatutan nama Kasi PAUD yang meminta jatah dari pencairan Dana Bantuan Operasional PAUD (BOP), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, Kusron SPd MSi melalui Sekretaris Dinas, Darmin SPd MSi mengatakan agar siapa saja yang sudah berbuat harus berani bertanggung jawab.

Ia mengatakan, pihaknya tidak pernah meminta ataupun menginstruksikan para pegawai untuk meminta sejumlah uang atau jenis apapun kepada lembaga dan sekolah. Sehingga ia menegaskan agar yang sudah berbuat agar berani bertanggung jawab atas apa yang sudah dilakukannya.

“Jika ada pihak yang sudah dirugikan atas perlakuannya, maka yang bersangkutan harus bertanggung jawab. Jika sudah memberikan sejumlah uang atau beri dalam bentuk apapun, maka harus dikembalikan,”tegasnya.

Darmin juga mengatakan, Sampai saat ini pihaknya belum mengetahui kebenaran informasi ini, sehingga pihaknya akan menelusuri kebenarannya. “Kita akan evaluasi berbagai permasalahan yang terjadi dalam tubuh instansi. Sehingga kita akan lakukan penelusuran untuk mengetahui informasi ini,”jelasnya.

Lebih jauh Darmin Mengatakan pada dasarnya tujuan pengeluaran dana BOP adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu lembaga, mulai dari untuk pembayaran gaji instruktur, pemberian makanan sehat untuk siswa, serta pembelian buku dan pembelian alat peraga edukasi sebagai media pembelajaran di suatu lembaga.

Cairnya juga setiap semester, jadi dana tersebut tidak begitu besar dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan operasional suatu lembaga. tentunya tidak etis jika ada pihak yang meminta dengan menentukan jumlah tertentu.

“Setiap peruntukan dana BOP Itu harus dipertanggungjawabkan dengan sejelas jelasnya. Sehingga kemanapun dan untuk apapun dana dikeluarkan harus bisa dipertanggungjawabkan, karena pertanggungjawaban tersebut adalah kunci untuk pencairan dana semester berikutnya,”tandasnya.(05)

Komentar

News Feed