oleh

Dapat Remisi di Hari Lebaran, 4 Napi Bebas Murni

-Metropolis-191 views

PRABUMULIH – Lebaran kali ini, sebanyak 208 nara pidana (napi) penghuni Rutan Kelas IIB. Bahkan, 4 orang diantaranya bebas murni di hari lebaran, meski 1 diantaranya harus menjalani hukuman subsider.

Rawan (39), napi terjerat kasus penganiayaan, salah satunya berhasil menghirup udara kebebasan di hari kemenangan tersebut.

“Saya diputus pengadilan (PN) 2,5 tahun. Menjalani 2 tahun 3 bulan, remisi kali ini bebas murni di hari lebaran. Bersyukur sekali, bisa berkumpul dengan keluarga kembali,” akunya.

Ayah dua anak ini, memang baru sekali masuk penjara. Dan, bagi dirinya ini yang terakhir. Ia berjanji, tidak ingin kembali menjadi penghuninya. “Ini pengalamanan berharga bagi saya, cukup sekali ini masuk penjara,” sesalnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB, Reza Meidiansyah Purnama Amd IP SH menyebutkan, kalau 208 napi seperti usulannya keluar dan mendapatkan remisi.

“Usulan remisi kita online, lebaran kali ini jumlah usulan sama dengan jumlah remisi yang keluar 208 orang. Patut disyukuri, Rutan Kelas IIB hanya mengusulkan saja. Kanwil Kemenhum dan HAM memutuskan, apalagi remisi ini seluruh Indonesia,” jelasnya.

Sambungnya, 208 remisi tersebut. Terdiri dari RK I 204 orang, RK II 4 orang, PP 99 (kasus narkoba) 27 orang. Sebelumnya, remisi PP 99 sempat tertunda. Belakangan, sudah turun semua dan remisi telah diberikan.

“Abu Salim mendapatkan 1,5 bulan dan Jojo menerima 1 bulan, remisi lebaran kali ini. Karena, telah memenuhi persyaratan pengajuan remisi,” bebernya.

Ungkapnya, napi mendapatkan remisi bergantung dengan napi sendiri. Ucapnya, tidak setiap napi menerima remisi. Ada syaratnya, minimal 6 bulan menjalani hukuman dan berstatus napi.

“Berkelakuan baik, menjalani dan mengikuti program pembinaan, dan lainnya,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed