oleh

Cuci Mulut Harus Sebelum Makan Nasi

-Metropolis-337 views

PRABUMULIH – Cuci mulut biasanya dilakukan setelah makan, namun ternyata kebiasaan tersebut tidaklah benar. Sebab, cuci mulut yang benar adalah makan buah terlebih dahulu.
“Kalau segi kesehatannya, sebaiknya makan buah 20 hingga 30 menit sebelum makan nasi, itu yang yang dianjurkan,”kata Nutrisionis Puskesmas Karang Raja Delinom Sri Indrianti.
Sebagai ahli gizi dirinya menjelaskan, mengkonsumsi buah setelah makan, atau mengkonsumsi buah secara bersamaan dengan nasi dapat mengganggu percernaana di dalam tubuh. Padahal kata dia konsumsi buah mempunyai manfaat untuk melancarkan pencernaan, namun jika salah maka yang akan terjadi adalah sebaliknya.
“Nutrisi buah itukan banyak apalagi Vitaminya, untuk itu lah fungsinya makan buah dulu sebelum makan, agar nutrisi di dalam buah bisa di serap oleh tubuh, kan sayang kalau belum diserap langsung di buang,” beber Sri seraya mengatakan akan terjadi pengahambatan penyerapan nutrisi jika makan buah bersamaan dengan makanan lainnya
Selain itu dirinya juga menambahkan tubuh memerlukan serat, yang fungsinya untuk melancarakan pencernaan. Kemudian membantu mengeluarkan kolesterol, menghindari sembelit, dan dapat membatu menurunkan berat badan bagi orang orang yang ingin diet.
“Serat bisa di dapat dari mengkonsumsi buah dan sayur, mangkanya usahakan dalam satu hari kecukupan serat untuk tubuh bisa di penuhi,”tuturnya.
“Memang, setiap orang akan berbeda kebutuhan nutrisinya, namun untuk serat dalam ukuran kecukupan gizi secara umum dapat diketahui, seperti anak anak yang usianya Batita kira kira mereka membutuhkan serat sebnayak 22 gram dalam satu hari8,” Lanjutnya
Sedangkan dr Inggar menambahkan, manfaat buah dan sayur sangat dianjurrkan untuk di konsumsi. Sebab banyaknya kandungan nutrisi dalam buah yang mendukung kecukupan gizi di dalam tubuh. “Saat ini masih banyak dari kita yang kurang mengkonsumsi buah dan sayur, apalagi anak anak yang kebanyakan takut sekali makan sayur. Peran orang tua penting, agar bisa membiasakan anaknya sedini mungkin untuk membiasakan anaknya untuk mengkonsumsi buah dan sayur, apalagikan manfaatnya banyak,” tutur dokter cantik ini.(mus)
Kebutuhan Serat Per Hari Menurut AKG
Usia Serat (Gram)
1 tahun – 3 Tahun 22 gram
10 Tahun – 12 Tahun 35 gram
16 Tahuun – 29 Tahun 38 gram
30 Tahun – 49 Tahun 33 gram
Sumber Nutrisionis Karang Raja Delinom Kota Prabumulih

BUAH: Beberapa jenis buah segar dijual oleh Salah satu pedagang di Pasar Inpres Kota Prabumulih.

News Feed