oleh

Cintai Batik sebagai Warisan Budaya Bangsa

-Pendidikan-108 views

PRABUMULIH – Sebagai bentuk rasa cinta terhadap warisan budaya bangsa, hari batik nasional yang jatuh pada 2 Oktober kemarin, diwarnai dengan penggunaan batik dari semua segmen masyarakat.

Mulai dari Pemerintahan, pegawai negeri hingga swasta, bahkan masyarakat secara umum juga ikut menggunakan batik Rabu (2/10).

Hal ini tentu sangat membanggakan, terutama di Kota Prabumulih yang rata-rata menggunakan batik dihari batik Nasional.

Tampak guru dan anak-anak TK berfose dengan memakai pakaian batik. Foto:ist

Kepala Sekolah SD Negeri 30 Prabumulih, Heri Laksana SPd saat dikonfirmasi koran ini mengatakan bahwa, sebagai bentuk budaya bangsa, penggunaan batik merupakan hal yang sangat penting.

Selain itu sebagai warga negara Indonesia tentu harus bangga karena memiliki batik, yang harus dijaga dan digunakan. karena itu di setiap daerah memiliki batik khas masing-masing yang digunakan satu hari kerja dalam satu minggu.

“Untuk siswa kebenaran memang menggunakan batik dihari rabu. sedangkan pegawai seharusnya Kami menggunakan batik daerah. namun di hari batik, Kami tetap menggunakan batik kesayangan yang kami miliki sebagai bentuk rasa bangga kami terhadap warisan budaya bangsa Indonesia,”jelasnya.

Hal sama dituturkan oleh kepala sekolah SD Negeri 7 Kota Prabumulih, Eriana SPd. Pada hari batik kemarin dirinya mengajak seluruh guru menggunakan batik saat bekerja.

“Hari kamis kita menggunakan batik nanas yang merupakan batik lokal Kota Prabumulih, di hari batik nasional kita menggunakan batik bebas yang kita dimiliki. meski tidak seragam namun inilah bentuk rasa bangga kita yang merupakan Warga Negara Indonesia yang memiliki waeisan budaya berupa batik,”tambahnya.(05)

Komentar

News Feed