oleh

Cik Oneng Nyaris Terbakar

-Sumsel-210 views

PALI – Si jago merah kembali mengamuk ditengah panasnya cuaca di Bumi Serepat Serasan. Kali ini yang jadi korban rumah milik Cik Oneng (78), yang terletak di Desa Pandan, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Kejadian itu berlangsung, kemarin (16/9) sekitar pukul 13.15 WIB. Dimana rumah berbentuk panggung yang terbuat dari papan tersebut tak perlu waktu lama rata dengan tanah dan menyisakan puing-puing.

Berawal saat tetangga korban yang mengetahui adanya kepulan asap keluar dari bagian dalam kamarnya yang langsung membesar lantaran hembusan angin yang cukup kencang, dan langsung melalap seisi rumah yang terbuat dari kayu itu.

Beruntung, nyawa Cik Oneng berhasil diselamatkan tetangganya, sebab saat api berkobar, Cik Oneng tengah tertidur lelap dengan kondisi badannya tengah sakit. Sementara adiknya yang tinggal serumah mengalami gangguan jiwa, dan cucunya tengah menggiling padi yang lokasinya jauh dari kediaman Cik Oneng.

“Saat kami lihat ada api dari dalam rumah kakek itu, kami langsung masuk kedalam rumah, sebab kami ketahui bahwa pemilik rumah tengah sakit, dan cucunya yang biasa merawatnya sedang menggiling padi,” ujar Ruwin, tetangga korban.

Kemudian, dikatakanya setelah menyelamatkan korban, tetangga lainnya berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. “Terlambat sedikit saja, mungkin kakek itu ikut terbakar bersama rumahnya. Karena dari dalam kamarnya api langsung membesar. Kemudian kami hubungi Dinas Damkar untuk memadamkan api,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (DPBK), Chairullah melalui salah satu petugas, Nodi Puryadi mengatakan, bahwa akibat kendala lokasinya yang jauh dari kantor DPBK, rumah korban rata dengan tanah.

“Jarak tempuh dari kantor kami ke lokasi memakan waktu satu jam lebih, saat datang api masih membakar tetapi kondisi rumah sudah rusak parah. DPBK turunkan satu armada Damkar dan satu unit mobil tangki air, yang langsung memadamkan api dan melakukan pendinginan,” terangnya. (ebi)

News Feed