oleh

Cetak DAI, Dewan Dakwah Dirikan ADI, Pendaftaran Hingga 31 Juli

-Metropolis-435 views

PRABUMULIH – Kabar gembira bagi, para pemuda yang ingin menjadi Dai. Tahun ini, Dewan Dakwah Kota Prabumulih mendirikan Akademi Dakwah Indonesia (ADI), dengan mulai membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru tahun akademik 2019-2020.
Lebih menggembirakan lagi, ADI yang berlamat di Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur atau tepatnya di Gedung Panti Asuhan Riyadhul Kholisin ini membuka kuliah gratis bagi mahasiswa.
“Pendaftaran sudah dibuka sejak 1 Juni hingga 31 Juli mendatang di Gedung Panti Asuhan Riyadhul Kholisin, kuliah perdana 2 September. Dengan menerima seluruh calon dari Sumatera Selatan, tidak hanya dari Prabumulih saja. kata pengurus ADI yang juga panitia pendaftaran Khalid Akbar ST.
Disampaikan Khalid, ADI merupakan adalah salah satu program pendidikan non formal yang dibentuk oleh dewan dakwah untuk mencetak kader Da’i ilallah dari berbagai daerah di Sumatera Selatan.
“ADI Prabumulih merupakan program pengkaderan dai yang sekaligus menjadi lembaga pra-universitas yakni persiapan untuk masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah (STID) Mohammad Natsir Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Pusat, Jakarta,” terangnya menambahkan seluruh biaya selama di ADI baik berupa konsumsi, pendidikan dan asrama sepenuhnya gratis yang akan ditanggung oleh Dewan Da’wah Kota Prabumulih, Sumsel
Disampaikannya, para mahasiswa yang sudah diterima di ADI Prabumulih diwajibkan untuk tinggal di asrama selama 1 tahun. “Tak lain untuk mempedalam materi, dengan sistem talaqqi dan mulazamah dimana materi tersebut adalah bahasa Arab, Tahfidzul Qur’an, Hadits, Qaul Ulama, pembinaan karakter Dai Illallah, penguasaan kitab-kitab turats, skill dan ilmu dakwah,” jelasnya menuturkan, setelah menempuh pendidikan di ADI diharapkan mahasiswa mumpuni secara ilmu, santun secara akhlak dan siap secara mental untuk berdakwah didaerah asalnya.
Sementara itu, untuk pengajar lanjutnya yakni tenaga pengajar yang ahli dibidangnya dari Jakarta, Palembang. “Termasuk ada juga dari Prabumulih,” tukasnya.(08)
Syarat pendaftaran calon mahasiswa Akademi Dakwah Indonesia (ADI), tahun akademik 2019-2020.
• Laki-laki umur 17 Tahun – 22 Tahun, Belum menikah
• Mampu membaca Alquran dengan lancar
• Fotokopi ijazah SKL SMA/sejderajat, fotokopi SKHU dilegalisir, fotokopi raport dari SD – SMA/sedejarat. Fotokopi KTP (bila sudah ada)
• Pas photo3x4 dan 4×6
• Memiliki tekad untuk menjadi Dai, bersedia tinggal diasarama selama 1 tahun
• Diutamakan berasal dari desa pedalaman Sumsel.

Komentar

News Feed