oleh

Cegah Karhutla Dengan Dana Desa

-Kecamatan-111 views

TALANG BATU – Ancaman kebakaran hutan, sebagai dampak dari musim kemarau sudah mulai diantisipasi oleh Desa Talang Batu Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT). Upaya antisipasi tersebut, yakni dengan membentuk petugas pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), serta sosialisasi Karhutla melalui Dana Desa tahap II 2019 ini. “Beberapa tahun lalu, sering terjadi kebakaran hutan. Apalagi wilayah kami masih banyak kebun dan hutan. Sebagai upaya antisipasi kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Kepala Desa Talang Batu Sahril Kanedi.

Disampaikan Sahril, satgas karhutla terdiri dari linmas dan masyarakat desa. “Petugas karhutla ada 10, dengan dana desa kami lakukan penyuluhan,” ucapnya. Ia berharap, kebakaran hutan dan lahan tak terjadi diwilayah Desa Talang Batu. Karena itu perlu kerjasama dari masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi kebakaran. “Nanti saat kemarau, warga harus sangat berhati-hati saat menghidupkan api atau bahkan membuang puntung rokok,” jelasnya.

Lebih lanjut Sahril menambahkan, sosialisasi penangan Karhutla masuk dalam kegiatan DD tahap II. “Ada 11 kegiatan kami ditahap 2 ini, salah satunya sosialisasi tentang karhutla. Mudah-mudahan bermanfaat, dan bisa mencegah kebakaran hutan,” tuturnya.

Sementara itu, belum lama ini Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memastikan bila Dana Desa bisa digunakan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan yang ada di desa-desa.(08)

Komentar

News Feed