oleh

Cegah ISPA, Imbau Gunakan Masker

PRABUMULIH – Menggunakan masker saat berada diluar rumah, adalah salah satu cara untuk menghindari penyakit akibat musim kemarau. Nah, penggunaan masker ternyata juga sangat dianjurkan untuk anak-anak. Hal itu seperti yang disampaikan dokter spesialis anak dr Dedianto Sp A. “Ada baiknya anak anak menggunakan masker saat berada di luar rumah, berangkat sekolah dan lainnya,” kata dr Dedi.

Dr Dedi mengatakan kemarau yang sedang melanda seperti sekarang ini menyebabkan udara kering. Sumber air berkurang, banyak lalat dan debu membuat mudah terserang penyakit. “Berkurangnya sumber air bersih dan udara yang kering, membuat lingkungan menjadi semakin tidak sehat,” ujarnya. Kondisi seperti inilah kata dr Dedi, yang menyebabkan menyebabkan beberapa penyakit marak di musim kemarau terutama menyerang anak anak. “Salah satu penyakit yang sering terjadi adalah ISPA (infeksi saluran pernafasan atas), yakni eksi saluran pernapasan atas atau ISPA adalah infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan bagian atas,” tuturnya.

Bagian saluran pernapasan atas yang terkena dapat meliputi hidung, sinus, faring, dan laring. “Gejala ISPA antara lain batuk, bersin, filek, hidung tersumbat, sesak nafas dan lainnya,” ucapnya yang kembali mengimbau masyarakat khususnya anak-anak untuk menggunakan masker saat diluar rumah. Lebih lanjut dia menyarankan, selain menggunakan masker saat keluar rumah. Beberapa cara untuk menghindari penyakit ISPA pada anak, juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.

“Kemudian hindari juga hindari minum air putih dingin atau minuman dingin lainnya, agar saluran pernapasan tidak mudah kering dan teriritasi. Termasuk tidak mencemari lingkungan dengan membakar sampah ataupun merokok,” tuturnya. Tak lupa sambung dr Dedi membiasakan hidup bersih dan sehat, yakni dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. “Setiap akan menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah ke kamar mandi, setelah memegang binatang peliharaan, dan setelah menangani sampah harus mencuci tangan dengan sabun,” pungkasnya.(08)

Komentar

News Feed