oleh

Cegah Demam Berdarah dengan Jumantik

-Kecamatan-134 views

Patih Galung Percontohan Program GIRIJ

PRABUMULIH – Pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Prabumulih gencar dilakukan, salah satunya melalui program Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (GIRIJ).

Nah, di Kota Prabumulih terdapat satu wilayah yang dijadikan sebagai percontohan program Jumantik. Yakni RT 4 RW 2 Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat.

Bahkan kemarin, RT 4 sebagai percontohan program GIRIJ telah disepakati dengan penandatangan bersama seluruh Lurah yang ada di Kecamatan Prabumulih Barat. “Tadi ado kegiatan sosialisasi GIRIJ sekaligus ada kesepakatan bersama. Jadi Kelurahan Patih Galung khususnya RT 04, merupakan percontohan untuk program GIRIJ ini,” kata Wakil Ketua TP PKK Hj Reni Indayani SKm.

Dipilihnya RT 4 RW 2 Kelurahan Patih Galung sebagai percontohan, bukan tanpa alasan. Sebab diwilayah tersebut program jumantik sudah dilakukan sejak 5 bulan lalu. “Yang Alhamdulillah mendapatkan pendampingan dari balitbang kesehatan Baturaja,” ucap Reni.

Istri Wakil Wali Kota H Andriansyah Fikri SH ini menyampaikan program jumantik di RT 4 tak lepas dari peran para kader. “Alhamdulillah kader yang ada di RT 04 sudah sangat aktif sekali, dalam menjalankan tugasnya dan mengajak warga di RT 4 untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan ini,” terangnya.

Ia berharap, melalui program GIRIJ penyakit DBD di Kota Prabumulih dapat dicegah. “Dengan pencegahan DBD tidak akan mewabah,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo S MPH melalui Kasi Pengendalian dan Penyakit Menular (P2M) Hj Mifta Kosim menambahkan, balitbang kesehatan Baturaja memilih Kota Prabumulih untuk melakukan pendampingan. “Se Sumsel hanya Prabumulih yang dipilih untuk penelitian dan pendampingan GIRIJ dengan intervensi. Dan tadi mereka selesai melakukan pendampingan, meski begitu Pemkot akan tetap akan mendukung kelangsungan GIRIJ walau tanpa pendampingan balitbang kesehatan,” terangnya.

Ketua RT 4 Parida menuturkan, pihaknya akan berkomitmen untuk menjalankan program GIRIJ. “Mudah-mudahan nantinya Kelurahan Patih Galung bebas dari penyakit DBD dan jentik nyamuk DBD,” pungkasnya.(08)

Komentar

News Feed