oleh

Capil Masih Keluarkan Suket

-Metropolis-107 views

PRABUMULIH – Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil) tak pernah sepi. Salah satu pelayanan paling ramai yakni penerbitan atau cetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP EL).

“Untuk KTP EL, sekarang kita mengeluarkan Suket (surat keterangan) sebagai pengganti blanko KTP EL,” kata Kepala Disdukcapil Haryadi SH MH.

Dikeluarkannya Suket sebagai pengganti blanko KTP EL kata dia, lantaran saat ini jumlah blanko KTP EL terbatas. “Dari pusat memang membatasi, hanya 500 blanko ditiap kabupaten kota, jadi blanko KTP EL hanya untuk yang mendesak,” tuturnya.

Suket ungkap Haryadi, tetap memiliki status hukum yang sama dengan blanko KTP EL dengan tetap bisa diakses diseluruh Indonesia. Hanya saja untuk suket berlaku 1 bulan. “Sementara KTP EL seumur hidup, jadi suket yang sudah habis akan kami cetakkan blanko KTP Elnya,” terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, terbatasnya stok blanko saat ini hanya sementara waktu. “Kalau dari pusat sudah siap, akan kembali normal,” ungkapnya seraya menambahkan usulan untuk blanko selalu disampaikan ke Pemerintah Pusat.

Sementara pantauan koran ini kemarin, tak hanya mengurus KTP EL. Sejumlah masyarakat yang mendatangi kantor Dukcapil di gedung Wali Kota lama juga mengurus adminitrasi seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akte kelahiran. “Pertamo urus KK disini, alhamdulillah lebih dekat lebih lemak dak perlu jauh-jauh lagi ke Pangkul,” kata Sri warga Kelurahan Majasari. (08)

Komentar

News Feed